Seiring dengan penyebaran COVID-19 yang terus berlanjut serta penebangan internasional yang terus terganggu dari hari ke hari, kami bertindak saat ini... untuk mencegah situasi saat relawan kami tidak dapat kembali dari negara mereka bertugas,
Bengaluru (ANTARA) - Badan kemanusiaan Amerika Serikat (AS) Peace Corps menyatakan akan menangguhkan seluruh operasi secara global serta mengevakuasi para relawannya di tengah pandemi virus corona jenis baru, COVID-19.

"Seiring dengan penyebaran COVID-19 yang terus berlanjut serta penebangan internasional yang terus terganggu dari hari ke hari, kami bertindak saat ini...untuk mencegah situasi saat relawan kami tidak dapat kembali dari negara mereka bertugas," kata Direktur Peace Coprs Judy Olsen dalam surat terbuka bagi para relawan.

Peace Corps akan kembali beroperasi dengan normal ketika kondisi sudah memungkinkan, sementara staf lokal akan tetap melakukan pekerjaan mereka, Olsen menambahkan. Sejauh ini, Peace Corps memulangkan para relawan dari China dan Mongolia.

Didirikan tahun 1961, saat ini Peace Corps memiliki 7.300 orang relawan yang tersebar di 61 negara seluruh dunia yang fokus pada peningkatan pendidikan dan kesehatan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Perintah darurat dikeluarkan lembaga di AS percepat pengiriman bantuan

Baca juga: Negara bagian Washington larang acara publik demi cegah COVID-19

Baca juga: Amerika Latin tingkatkan larangan penerbangan karena corona

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020