Washington (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Dua wartawati Amerika yang ditangkap dan ditahan oleh Korea Utara akan menerima perlakuan baik, kata wakil jurubicara departemen luar negeri AS, Robert Wood, di sini Selasa.

"Korea Utara telah menjamin kami, bahwa para wartawan yang ditahan itu akan diperlakukan dengan baik," kata Wood dalam penjelasan pers tanpa memberikan rincian dari keterangan itu.

"Saya tentu saja tak ingin bertindak lebih jauh, karena kami sedang berusaha untuk mengatasi masalah ini secara diplomatik. Dan semakin sedikit dikatakan dari sini, adalah lebih baik," tegasnya.

Namun demikian, jurubicara tersebut menambahkan, bahwa `kami secara resmi telah mengajukan permohonan, melalui kuasa penjamin kami di Pyongyang, yakni kedutaan Swiss, bahwa pemerintah Swiss akan memberikan kemudahan konsuler terhadap dua warga Amerika itu.`

Sabtu lalu, Korea Utara mengatakan, bahwa pihaknya telah menangkap dan menahan dua warga Amerika pada 17 Maret, karena mereka memasuki wilayah Korea Utara secara ilegal dengan menyeberangi perbatasan Korea Utara-China.

Pyongyang melaporkan, bahwa kedua warga Amerika itu dituduh melakukan kegiatan mata-mata. Namun, Wood menolak memberikan komentar mengenai laporan itu.
(*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2009