Perusahaan pabrikan otomotif Daimler meraih keuntungan paling banyak
Frankfurt (ANTARA) - Saham-saham Jerman bangkit dari kemerosotan sehari sebelumnya pada perdagangan Selasa (17/3/2020), dengan indeks acuan DAX 30 di Bursa Efek Frankfurt naik 2,25 persen atau 196,85 poin, menjadi ditutup di 8.939,10 poin.

Dari 30 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks DAX 30, hanya delapan saham yang mengalami penurunan, selebihnya 22 saham berhasil mencatat keuntungan, kantor berita Xinhua melaporkan.

Perusahaan pabrikan otomotif Daimler meraih keuntungan paling banyak (top gainer) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan nilai sahamnya terangkat 6,24 persen.

Disusul oleh saham perusahaan rekayasa dan gas industri multinasional asal Jerman Linde yang menguat 5,89 persen, serta kelompok perusahaan kimia terbesar di dunia BASF bertambah 5,19 persen.

Di sisi lain, perusahaan perawatan kesehatan Eropa Fresenius SE mengalami kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan nilai sahamnya jatuh 5,89 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan produsen mesin pesawat terbang MTU Aero yang merosot 5,43 persen, serta perusahaan penyedia teknologi internet dan jasa keuangan global Wirecard turun 3,94 persen.

Perusahaan perangkat lunak multinasional SAP adalah saham yang paling aktif diperdagangkan sepanjang hari, dengan nilai transaksi mencapai 713 juta euro (783 juta dolar AS).

Baca juga: Bursa saham Jerman merosot, indeks DAX 30 kehilangan 5,31 persen
Baca juga: Saham Jerman sedikit lebih rendah, indeks DAX 30 turun 0,35 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020