Melbourne (ANTARA News) - Pembalap Inggris Raya, Jenson Button, memimpin tim Brawn GP menempati dua posisi pertama dalam debut balapan mereka pada pembuka musim Formula Satu Grand Prix (GP) Australia, Minggu.

Sebelumnya tidak ada satu tim Formula Satu yang menjadi juara pada debut mereka sejak Wolf pada 1977, sedang terakhir yang merebut dua posisi terdepan untuk pertamakalinya adalah Mercedes pada 1954.

Pembalap berusia 29 tahun yang memimpin balapan dari posisi start terdepan hingga finish dalam balapan yang digelar di Albert Park itu, merebut kemenangan pertamanya sejak GP Hungaria pada 2006 dan mencetak lebih banyak poin dalam satu balapan dibanding ketika dua musim sebelumnya bersama Honda.

Rekan setimnya asal Brasil, Rubens Barrichello, memulai balapan dan mengakhiri balapan di posisi kedua, namun hanya setelah pembalap Red Bull Sebastian Vettel dan pembalap BMW-Sauber Robert Kubica, bertabrakan pada tiga lap terakhir, saat keduanya berada di posisi kedua dan ketiga.

Hal itu membawa keluar "safety car" pada lap-lapan terakhir, sebelum masuk kembali pada tikungan terakhir.

Pembalap Italia Jarno Trulli dari tim Toyota, yang memulai balapan dari posisi ke-19 dan berada di pitlane, melintasi garis finish di posisi ketiga.

Namun dalam perkembangan lebih lanjut, posisi ketiga Jarno Trulli itu dicopot setelah dia dijatuhi penalti karena menyalip saat "safety car" masih berada di lintasan.

Pembalap Inggris Raya Lewis Hamilton dari tim McLaren sebelumnya melintasi garis finish di posisi keempat di belakang pasangan Brawn GP Jenson Button dan Rubens Barrichello serta Trulli.

Steward Formula Satu kemudian menyatakan bahwa Trulli sudah menyalip Lewis pada saat "safety car" masih berada di lintasan dan menjatuhi penalti 25 detik, yang membuat dia terlempar dari posisi ketiga dan tidak mendapat poin.

Pembalap Jerman Timo Glock dari Toyota berada di posisi kelima, di depan pembalap Renault, Fernando Alonso, dan pembalap Williams, Nico Rosberg.

Pembalap pendatang baru asal Swiss di tim Toro Rosso, Sebastien Buemi, menjadi pembalap ke-58 yang mencetak angka dalam debutnya dengan menempati posisi kedelapan.

Tidak ada pembalap Ferrari yang mencapai finish, setelah Felipe Massa tidak melanjutkan balapan pada lap ke-46 dan juara dunia 2007 Kimi Raikkonen menyusul. kemudian.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009