Lisabon (ANTARA News/Reuters) - Portugal tanpa kesulitan melibas Afrika Selatan 2-0 dalam pertandingan persahabatan di Lausine, Swiss pada Selasa waktu setempat.

Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia di kandangnya sendiri, Portugal menyia-nyiakan kesempatan dengan hanya bermain seri 0-0 melawan Swedia pada Sabtu. Hasil itu menghambat mereka untuk menyodok pimpinan klasemen grup, Denmark dan Hungaria.

Pada babak pertama pertandingan persahabatan melawan Afsel itu, tim asuhan pelatih Portugal Carlos Queiroz memperoleh enam peluang untuk mencetak gol namun hanya pada menit keempat gol itu tercipta melalui sundulan kepala Bruno Alves.

Portugal semakin meningkatkan serangannya namun sundulan Edinho dan tembakan firrst-time Maniche hasil umpan Deco gagal menjebol gawang lawan.

Sementara itu tim peringkat 72 dunia Afsel hanya membuat satu peluang mencetak gol sebelum bubaran babak pertama ketika tembakan peman depan Bernard Parker melebar.

Portugal menambah keunggulan pada menit ke-56 babak kedua setelah pemain belakang Afsel Lucas Twala melakukan bunuh diri.

Pemain sayap andalan Portugal Cristiano Ronaldo masuk sebagai pemain pengganti, namun dia tidak bisa berbuat banyak pada babak kedua dan hasil pertandingan tetap tidak berubah 2-0 bagi Portugal. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009