Bandung (ANTARA News) - Tim Dokter Penanganan Operasi Yani Suryani (39) si "Manusia Pohon" berhasil mengangkat enam buah tumor yang beratnya mencapai sekitar empat kg yang bersarang di bagian bokong dan kaki bagian belakang.

"Kami berhasil mengangkat tumor empat kg lebih. Tumor tersebut merupakan tumor yang berada di bagian bokong dan kedua kaki bagian belakang Yani," kata Ketua Tim Dokter Penanganan Operasi Yani Suryani, dr. Hardi Siswo, dalam jumpa persnya, di sekretariat Bedah Plastik RSHS Bandung, Kamis.

Ia mengatakan, Yani menjalani dioperasi dalam keadaan telungkup.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan proses pengambilan tumor yang ada di bokong dan kedua kaki bagian belakang.

Menurut Hardi Siswo , tumor yang terletak di bagian bokong Yani ialah tumor dengan ukuran terbesar yang ada di tubuh Yani.

Tumor yang ada dibokongnya itu, tumor paling besar beratnya sekitar dua kilogram , kata Hardi.

Dikatakannya, selama menjalani proses operasi ia beserta tim dokter lainnya tidak mengalami kesulitan yang cukup berarti.

Pihaknya menyatakan. kekhawatiran akan terjadi pendarahan hebat saat berlangsung operasi pengangkat tumor di tubuh Yani, tidak terbukti.

"Ternyata operasi Yani tidak sesulit yang kami bayangakan, bahkan kekhawatiran akan terjadi pendarahan pun tidak terjadi," katanya.

Yani keluar dari ruang perawatannya, di ruang Bougenville RSHS Bandung pukul 06.00 WIB dan masuk ke ruang operasi di ruang CSR Lantai 3 Gedung Baru RSHS Bandung pukul 06.30 WIB untuk menjalani operasi. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009