Denpasar (ANTARA News) - Yayasan Pertukaran Amerika-Indonesia (AMINEF) dalam waktu dekat menggelar kompetisi menulis kreatif dan pertunjukan seni tingkat nasional "WORDS" bagi siswa sekolah menengah Indonesia di Jakarta.

Siaran pers Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang diterima ANTARA di Denpasar, Jumat petang menyebutkan kompetisi itu untuk menyuarakan pemikiran para siswa sekolah menengah di Indonesia mengenai pengaruh tradisi budaya di tengah perubahan dunia.

Selama dua tahun berturut-turut, menurut siaran pers itu, kompetisi WORDS diselenggarakan oleh Fulbright English Teaching Assistants (ETA) AMINEF.

Pada kompetisi tersebut sebanyak 33 siswa masuk menjadi finalis dari sekolah-sekolah yang berafiliasi dengan Fulbright ETA, di antaranya sejumlah sekolah menengah pertama, pondok pesantren dan madrasah di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Dari setiap sekolah itu akan dipilih seorang finalis yang berhasil menjuarai sebuah kompetisi terbuka yang mengangkat topik "Pengaruh tradisi budaya di tengah perubahan dunia" melalui karya-karya seperti puisi, lagu, cerita, narasi, monolog maupun pidato tidak lebih dari 500 kata.

Kompetisi ini bertujuan membangun motivasi siswa untuk tidak hanya menggunakan bahasa Inggris secara kreatif dan praktis, namun juga sebagai wadah untuk berbagi kesan dan pendapat mengenai konsep mereka tentang budaya dan identitas Indonesia.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009