seluruh dana akan digunakan untuk membantu Pemkot Batam membeli berbagai perlengkapan pendukung seperti masker.
Batam (ANTARA) - Pengusaha di Kota Batam, Kepulauan Riau, menargetkan dapat mengumpulkan dana hingga Rp20 miliar untuk membantu pemerindah daerah setempat menangani COVID-19.

"Kami targetkan Rp20 miliar untuk membantu pemerintah kota," kata Presiden Direktur PT Sat Nusapersada Abidin Hasibuan di Batam, Jumat.

Hingga saat ini, pengusaha sudah mengumpulkan donasi sekitar Rp10 miliar.

Rencananya, seluruh dana akan digunakan untuk membantu Pemkot Batam membeli berbagai perlengkapan pendukung seperti masker, baju pengaman dan alat kesehatan untuk mencegah wabah virs.

Baca juga: Komunitas Singapura di Batam sumbang APD COVID-19

Pengusaha akan membeli seluruh alat itu dari Singapura, China dan daerah lain di Indonesia. Sebagian masker sudah dipesan, dan diperkirakan akan sampai dalam waktu dua pekan ke depan.

"Untuk membantu masyarakat yang butuh dibantu," kata dia.

Baca juga: Pemkot Batam harap dukungan Singapura hadapi COVID-19

Bantuan alat, akan diberikan kepada rumah sakit di Batam.

Mengenai kondisi ekonomi, ia mengatakan, memang terjadi penurunan. Namun itu terjadi secara global. Pengusaha kini lebih fokus pada upaya sosial menyelesaikan masalah itu.

"Kami berdoa, kita enggak bisa buat apa-apa. Masyarakat Batam jangan panik. Pengusaha tidak mundur, pengusaha membantu pemkot mengatasi ini," kata dia.

Hal senada dikatakan Ketua Apindo Kepri, Cahya yang mengatakan pengusaha kini tidak lagi menghitung untung rugi, namun pada upaya mencegah penularan virus.

"Kita enggak usah hitung. Fokus bagaimana bantu pemerintah. Enggak usah bicara bagaimana," kata dia.

Baca juga: Pengusaha Batam sumbang alat pendukung pemeriksaan COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020