Bengkulu (ANTARA News) - Analis cuaca pada Stasiun Klimatologi KL II Pulau Baai, Bengkulu, Rudi Wahyu Hidayat menjelaskan, ketinggian gelombang Samduera Hindia barat daya Bengkulu berkisar 1,5 meter hingga maksimal 2,5 meter.

"Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, ketinggian gelombang di wilayah Samudera Hindia barat daya Bengkulu berkisar 1,5 meter hingga 2,5 meter," katanya di Bengkulu, Sabtu.

Menurut dia, gelomabng besar yang membahayakan kapal tongkang dan perahu nelayan itu berpeluang terjadi dalam kurun 24 jam, mulai Minggu (5/4) jam 07.00 WIB hingga Senin (6/4) pukul 07.00 WIB.

Untuk wilayah perairan Bengkulu, lanjut dia, dimungkinkan terjadi gelombang dengan ketinggian berkisar satu meter hingga 1,5 meter, atau masih dalam kondisi normal.

Mengenai kondisi angin, menurut dia, di wilayah Samudera Hindia barat daya Bengkulu, diperkirakan akan terjadi tiupan angin dari utara sampai timur dengan kecepatan berkisar 5-15 knot per jam.

Di wilayah perairan Bengkulu, kemungkinan akan terjadi tiupan angin dari arah barat laut sampai timur laut dengan kecepatan 5-15 knot per jam.

Keadaan kondisi di wilayah Provinsi Bengkulu, menurut dia, diperkirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Kondisi suhu udara, kata dia, berkisar antara 24-31 derajat celcius dan tingkat kelembaban 65-96 persen.

Pada citra satelit, kata dia, terlihat adanya tekanan rendah di Samudera Hindia barat daya Sumatera, kondisi tersebut memberi peluang pertumbuhan awan dan hujan. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009