Sepang, Malaysia (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Inggris Jenson Button dari tim Brawn GP Sabtu memastikan posisi start pertama untuk balap formula satu GP Malaysia, sementara juara dunia Lewis Hamilton hanya di posisi ke-12.

Button, yang memenangi sesi pembukaan di Australia pekan lalu, dalam persaingan hari Minggu nanti ia berada di barisan depan bersama pembalap tim Toyota Jarno Trulli yang mencatat waktu tercepat kedua dalam kualifikasi.

Merebut start pertama dalam kejuaraan dunia Formula Satu merupakan yang kelima kalinya dalam karir Button.

Pembalap Jerman Sebastian Vettel urutan tercepat ketiga, sedangkan rekan satu tim Button, Ruben Barrichello dari Brazil di tempat start keempat, namun keduanya mendapat penalti.

Vettel dimundurkan 10 tempat karena suatu tabrakan, sedangkan Barrichello turun lima tempat karena penggantian gearbox setelah latihan resmi hari Jumat.

Hamilton yang dalam kualifikasi tercepat ke-13, akan start satu tempat di depan karena penalti untuk Vettel tersebut.

Tim Ferrari mengalami nasib kurang beruntung karena pembalapnya, Felipe Massa hanya di urutan ke-16, sementara Kimi Raikkonie, juarau GP Malaysia tahun lau, di urutan sembilan.

GP Malaysia, putaran kedua dari seri kejuaraan dunia Formula Satu, akan dimulai Minggu pukul 17.00 waktu setempat, lebih lambat dari biasanya.

Lomba hari Minggu nanti diramalkan akan diguyur hujan.(*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009