Erick Thohir perintahkan dana CSR BUMN fokus bantu penanganan COVID-19

Erick Thohir perintahkan dana CSR BUMN fokus bantu penanganan COVID-19

Foto aerial Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19 serta akan menjadi rumah isolasi bagi pasien yang rencannya akan dimulai Sabtu (21/3). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.

CSR BUMN tahun ini kita akan fokus pada hal-hal untuk memastikan kesehatan masyarakat terjamin, seperti pengadaan masker, alat pelindung diri (APD), obat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan bahwa seluruh dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) BUMN agar fokus untuk membantu penanganan COVID-19.

"CSR BUMN tahun ini kita akan fokus pada hal-hal untuk memastikan kesehatan masyarakat terjamin, seperti pengadaan masker, alat pelindung diri (APD), obat, dan lain-lain," ujar Menteri Erick melalui video konferensi di Jakarta, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, BUMN juga akan mengalokasikan dana CSR untuk melengkapi alat kesehatan di Wisma Atlet sebagai sentra penanganan COVID-19.

"CSR akan membantu sediakan alat di sini (Wisma Atlet). Selain itu BUMN farmasi terus memproduksi kebutuhan-kebutuhan obat yang diperlukan," paparnya.

Erick menyampaikan sebanyak empat tower Wisma Atlet akan digunakan untuk penanganan COVID-19.

"Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan BNPB, Satgas Penanganan Corona, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, serta pihak terkait untuk segera memaksimalkan Wisma Atlet sebagai lokasi penanganan pasien corona," ucapnya.

Ia menjelaskan masing-masing tower Wisma Atlet memiliki peruntukan yang berbeda. Tower IV akan difokuskan untuk tempat istirahat tenaga medis.

"Mereka harus dilindungi dan harus cukup istirahat karena itu kita tempatkan khusus (Tower IV)," kata Erick.

Tower III, lanjut dia, akan menjadi lokasi posko bagi petugas satgas yang menangani pandemi COVID-19.

"Tower VI dan VII kita akan fokuskan khusus ke pasien. Di sana akan dilengkapi ruang ICU, ruang refreshing, dan ruang rawat pasien. Pintunya ada dua dan dalam pengawasan," katanya.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Restrukturisasi dorong pengelolaan BUMN berdaya saing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar