Brisbane (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perth yang bertanggungjawab terhadap 1.018 orang pemilih akan membuka tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu legislatif 9 April hingga pukul 20.00 waktu setempat untuk mengakomodir kebutuhan para pemilih yang bekerja atau kuliah.

"Waktu pemilihan dimulai dari pukul 08.00 hingga 20.00 malam waktu Perth. Perpanjangan waktu (di TPS kita) ini dimaksudkan untuk mengakomodir hak pilih warga kita yang masih bekerja karena Kamis bukan hari libur (di Australia)," kata Sekretaris PPLN Perth Ricky Suhendar kepada ANTARA News yang menghubunginya dari Brisbane, Rabu.

Ricky mengatakan, perpanjangan waktu buka TPS bagi para pemilih itu sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan sudah disetujui KPU.

Untuk mematangkan kesiapan akhir dan memastikan seluruh perlengkapan maupun keamanan di lokasi TPS, PPLN dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), Rabu, mengadakan rapat koordinasi terakhir, katanya.

Sementara itu, Anggota PPLN Melbourne Abelian Yodha mengatakan, pihaknya sudah bisa memastikan seluruh kesiapan pelaksanaan Pemilu legislatif 9 April sudah rampung, termasuk tenda TPS KJRI Melbourne.

"Kesiapan kita sangat baik. Tenda TPS bahkan sudah siap sejak kemarin (Selasa). Para personil PPLN dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (PanwasLN) juga bertemu," katanya.

Abelian mengatakan, petugas keamanan swadaya untuk mendukung kelancaran Pemilu juga sudah siap dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian negara bagian Victoria dan Polisi Federal Australia (AFP).

PPLN Melbourne yang membawahi wilayah negara bagian Victoria dan Tasmania melayani 11.575 orang pemilih.

Kesiapan Pemilu legislatif 9 April juga telah dilaksanakan PPLN Darwin PPLN Sydney, dan PPLN Canberra. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009