Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daop) I Jakarta memperkirakan, puncak penumpang mudik dalam rangka Pemilu 2009 terjadi Rabu malam(8/4) ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Puncaknya malam ini. Perkiraannya jumlah penumpang mencapai 36 ribu orang atau lebih banyak dari kondisi biasa 27-28 ribu orang," kata Kahumas PT KA Daop I Jakarta, A Sujadi, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Sujadi menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan permintaan penumpang mudik Pemilu dan akhir pekan yang panjang kali ini.

"Setiap KA dari Jakarta, baik kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif, rangkaiannya diperpanjang dari rata-rata enam menjadi 10 kereta per perjalanan", katanya.

Sementara untuk KA Tambahan, katanya, masih hanya satu yakni KA Argolawu tujuan Solo yang diberangkatkan pukul 21.15 WIB dengan kapasitas 400 tempat duduk.

Sujadi menjelaskan, penumpang KA yang belum membeli tiket, dilayani dengan penjualan langsung. "Sudah bisa ngantri dan beli tiket tiga jam sebelum keberangkatan," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009