Jambi (ANTARA) - Tim Terpadu Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Provinsi Jambi bersama dinas kesehatan daerah itu melakukan "screening" dan "tracking" kepada para penumpang dan awak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Alam Barajo Kota Jambi, Minggu.

Juru bicara Tim Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Provinsi Jambi Johansyah mengatakan sopir bus dan penumpang dari luar provinsi setibanya di terminal Tipe A Alam Barajo, Kota Jambi langsung dilakukan pemeriksaan kesehatannya dengan dilakukan deteksi infra red thermometer.

Seperti dilakukan kepada penumpang dan awak bus Laju Prima dari Kota Bandung di Terminal Tipe A Alam Barajo, Kota Jambi. Bus itu tiba pukul 11.00 WIB Jumlah tempat duduk 36, dengan keterisian penumpang 17 orang.

Baca juga: Ganjar minta rumah sakit antisipasi lonjakan pasien COVID-19

Kepada penumpang tersebut dilakukan pemeriksaan deteksi infra red thermometer virus corona oleh Tim Medis Kota Jambi, petugas Terminal Alam Barajo dan Satuan Brimob Polda Jambi.

Kemudian penumpang bus Sari Mustika Kota Pati yang tiba pada Minggu, pukul 13.15 WIB. Jumlah tempat duduk 53, jumlah penumpang tujuh orang.

Selanjutnya pemeriksaan kepada penumpang Bus Lorena dari Kota Bandung yang akan tiba di Terminal Tipe A Alam Barajo, Kota Jambi, pada Minggu malam sekitar pukul 22.30 WIB. Jumlah tempat duduk 34, jumlah penumpang 15 orang.

Baca juga: Pemerintah segera distribusikan 105.000 APD ke RS rujukan se-Indonesia

"Pengecekan dilakukan selama proses penanganan COVID-19, selain dicek suhu tubuh juga diminta keterangan riwayat perjalanan dan kondisi tubuh saat itu," kata Johansyah.

Selain itu kata Johansyah, Brimob Polda Jambi juga mengadakan sosialisasi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat dengan menggunakan mobil dinas Brimob Polda Jambi dilengkapi dengan pengeras suara, berkeliling ke tempat keramaian masyarakat.

Sebelumnya pada, Sabtu (21/3) kemarin, Tim Terpadu telah melakukan penyemprotan disinfektan di SMA N Titian Teras, Bapelkes Provinsi Jambi di Pijoan, Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Masjid di samping Universitas Jambi (di Telanaipura) dan Mesjid Jamiatul Jannah di Sungai Kambang.

Baca juga: Dua PDP Probolinggo dirujuk ke RSUD Sidoarjo dan RSSA Malang
Baca juga: DAD Bengkayang tunda ritual tutup kampung skala kabupaten
Baca juga: Delapan pasien diisolasi di RSUP Kandou-Manado

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020