Bandung (ANTARA News) - Partai Demokrat memimpin perolehan suara Pemilu 2009 di beberapa daerah di Jawa Barat.

Hingga pukul 19.30 WIB di Kota Bandung, Partai Demokrat meraih sekitar 42,37 persen dalam penghitungan sementara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung.

Perhitungan suara tersebut untuk DPR-RI. Sedangkan urutan kedua ditempati Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 12,44 persen, Golkar 10,59 persen, PDI Perjuangan 8,78 persen, PPP 4,4 persen, dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 3,47 persen.

"Penghitungan suara masih terus berlangsung, angka keunggulan parpol masih terus berubah," kata petugas tabulasi suara Pemilu 2009 Kota Bandung.

Penghitungan suara oleh KPU Kota Bandung dilakukan dengan memasukan data yang dibawa oleh kurir dari PPK ke KPU Kota Bandung.

Sementara itu hasil `penghitungan cepat" perolehan suara di Provinsi Jawa Barat yang dilakukan DPW Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) Jawa Barat pada pukul 20.15 WIB menunjukkan Partai Demokrat unggul dengan 25 persen, disusul PKS 16 persen, PDI Perjuangan 12 persen, Partai Golkar 10 persen.

"Penghitungan ini baru mencapai 20 persen dari total 1.500 sample TPS, angkanya masih berubah. Namun sejak awal trend-nya Partai Demokrat memimpin dan PKS di peringkat dua," kata Ketua DPW PKS Jawa Barat, H Taufik Ridho.

Taufik menyebutkan, PKS Jawa Barat pada Pemilu 2009 mentargetkan menempati peringkat ketiga.

"Target kita mempertahankan peringkat ketiga, kami berharap realisasinya lebih baik," katanya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, H Iwan Ridwan Sulanjana memilih `low profile` meski partainya unggul dalam penghitungan quick count maupun penghitungan manual oleh KPU di Jawa Barat.

"Alhamdulillah bila suara Partai Demokrat meningkat, itu bukan sebuah kejutan karena kami sudah memprediksi. Artinya kepercayaan rakyat kepada kinerja pemerintahan Pak Yudhoyono dan Partai Demokrat tinggi," kata Iwan Sulanjana.

Sementara itu kader Partai Demokrat berkumpul di DPW Demokrat Jabar Jalan Maskumambang Kota Bandung sambil memantau hasil penghitungan cepat yang ditayangkan secara langsung melalui layar televisi.

"Malam ini kami berkumpul di DPW, sedangkan yang lainnya mengawal kotak suara untuk memastikan perolehan suara Demokrat aman," kata Ketua DPW Partai Demokrat Jabar itu menambahkan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009