Jakarta (ANTARA News) - Sistem tabulasi suara Pemilu Legislatif 2009 bermasalah karena sulit diakses lewat internet karena servernya usang, demikian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary di Jakarta, Sabtu malam.

"Server kita sudah lama. Kita akan bicarakan bagaimana mengatasi masalah ini," katanya usai menerangkan pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2009.

Dari 28 unit komputer yang disediakan pusat tabulasi nasional, beberapa diantaranya bermasalah dan dikeluhkan banyak pengakses data hasil perolehan suara sementara.

Sejak Sabtu siang, pusat tabulasi suara dipadati pengunjung yang sebagian besar pengurus partai dan calon anggota legislatif.

Mereka memilih mendatangi langsung ruang pusat tabulasi karena hasil penghitungan suara tidak dapat diakses dari luar seperti dijanjikan Ketua Tim Ahli Teknologi Informasi KPU Husni Fahmi yang menyebut tabulasi dapat diakses melalui internet pada tnp.kpu.go.id.

Husni sendiri kemudian berjanji mengevaluasi penyebab sulitnya mengakses laman tabulasi suara ini di mana sejak 16.30 WIB hingga 20.30 WIB tidak berubah dan berhenti pada angka 742.798.

Berdasarkan data terakhir KPU, Partai Demokrat memperoleh 21,24 persen, disusul PDIP 14,99 persen, Golkar 14,43 persen, dan PKS 8,79 persen. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009