Washington (ANTARA News/AFP) - Para menteri keuangan dari kelompok negara G-7 dan G-20 akan menyelenggarakan pembicaraan di Washington pada 25 April karena mereka berkumpul untuk pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, kata kementerian keuangan AS, Senin.

Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner, "akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-7, diikuti pertemuan para menteri G-20 di Washington, DC," kata sebuah pernyataan.

Ini akan menjadikan Geithner untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah pertemuan para menteri keuangan sejak menjadi Menkeu di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, yang menempati posisi tersebut pada 20 Januari.

Geithner akan menyelenggarakan sebuah konferensi pers menyusul pertemuan para menteri G-7 yang terdiri dari Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat, kata pernyataan.

Pertemuan di Washington, menyusul pertemuan tingkat tinggi (KTT) G-20 di London awal bulan ini, yang mengkulminasi suntikan dana sebesar 1,1 triliun dolar AS (821 miliar euro) ke dalam institusi multilateral utama seperti IMF untuk membantu memerangi resesi global yang meluas.

G-20 terdiri dari para anggota G-7 ditambah Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Turki, dan Uni Eropa.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009