Satgas Nemangkawi tangkap pemasok senjata untuk KKB Papua

Satgas Nemangkawi tangkap pemasok senjata untuk KKB Papua

Kepala Operasi Satgas Nemangkawi Brigjen Pol Roycke Harry Langie (kiri) menunjukkan barang bukti senjata api yang diamankan dari tersangka pemasok senjata untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dan Papua Barat. ANTARA/Dok Satgas Humas Operasi Nemangkawi/pri.

Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi telah menangkap penjual, pembeli, dan pengantar senjata beserta amunisi yang akan dikirim untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dan Papua Barat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono melalui siaran pers Satgas Humas Operasi Nemangkawi yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, menyebutkan ada tiga tersangka yang diringkus.

Ia menyebutkan inisial ketiganya, yakni JI (26) warga Manado yang berperan sebagai perantara senjata dari Filipina-Manado-Manokwari, FR (34) warga Manado sebagai penjual senjata, dan RIB (22) sebagai pembeli.

Argo menjelaskan kronologi penangkapan diawali dari JI pada hari Jumat (20/3) sekitar pukul 04.50 WIT usai turun dari Kapal Labobar di Pelabuhan Manokwari, Papua.

Baca juga: TNI-Polri antisipasi pergeseran KKB ke Tembagapura melalui Jila

"Setelah pembuntutan dan penyelidikan, akhirnya Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi menangkap dan mengamankan pelaku saat turun dari Kapal Lababor," katanya.

Pelaku JI merupakan target operasi Satgas Nemangkawi yang telah dipantau selama 27 hari atau sejak yang bersangkutan berangkat dari Kota Timika, Papua menuju ke Manado.

Pada hari Senin (23/3) pukul 20.30 WITA, Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi 2020 menangkap FR di kediamannya, Kelurahan Bailang Lingk 3, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Bergerak cepat, Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi 2020 menangkap tersangka RIB di Kecamatan Wanea, Kota Manado, Senin (23/3) pukul 23.30 WITA, kemudian mengamankan 1 pucuk senjata api dan 1 butir amunisi 9 mm yang disimpan dengan bungkus lakban hitam.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka JI adalah 1 pucuk senjata api US Carabin, 1 pucuk senjata api 38 SCP, 1 pucuk senjata api kaliber 45 Caspion, 1 pucuk Baby Uzi 9 mm.

Baca juga: Mahfud: Tembagapura sepenuhnya sudah dikuasai pemerintah

Baca juga: Kapolres: Aparat TNI-Polri terus kejar KKB di Tembagapura


Berikut 67 amunisi dengan perincian amunisi 8,4 mm sebanyak 22 butir, amunisi cal 38 sebanyak 15 butir, amunisi cal 45 sebanyak 15 butir, dan amunisi 9mm sebanyak 15 butir.

Sementara itu, dari tersangka RIB diamankan 1 pucuk revolver hitam 6 silinder dan amunisi 1 butir cal 9 mm, delapan unit ponsel berbagai jenis dan 1 buah buku tabungan atas nama RIB beserta kartu ATM.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Papua antisipasi tiga daerah rawan KKB jelang 1 Juli

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar