Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 115 foto dari 58 peserta mengikuti lomba fotografi bertajuk "Ocean Art" (Oceart) yang mengangkat tema kelautan di "Student Community Center" (SCC) ITS Surabaya, Kamis.

Dalam lomba yang digelar Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Teknik Kelautan FTK ITS itu, laut atau pantai yang difoto, antara lain Brantas (Kediri - Mojokerto), Kenjeran (Surabaya), Prigi (Tulungagung), Papuma (Jember), dan Balekambang (Malang).

Selain itu, Lombang (Sumenep), Pulau Kambing (Sampang), Laut Selatan, Pantai Selatan (Malang), Suramadu (Surabaya-Madura), Tanjungkodok (Lamongan), Sendang Biru (Malang), Karimun Jawa (Semarang), Pantai Sanur (Bali), dan Pulau Jonggring Saloko (Malang).

"Kami hanya memilih tiga juara, yakni juara pertama, juara favorit, dan juara foto on the spot. Kalau foto juara pertama dinilai juri, sedangkan foto favorit dinilai pengunjung yang data pada tanggal 13-16 April," kata Ketua OCEANO 2009, Bambang.

Menurut mahasiswa kelautan angkatan 2007 itu, lomba fotografi merupakan salah satu dari enam kegiatan OCEANO 2009 yang berupaya membangkitkan cinta laut atau cinta bahari yang akhir-akhir ini mulai terkikis.

"OCEANO yang digelar sejak tanggal 8 hingga 18 April, bekerja sama dengan AAL, DKP, Biro Klasifikasi Indonesia dan Kobangdikal," katanya.

Acara OCEANO diawali dengan debat mahasiswa tentang kelautan (8/4), seminar nasional kelautan (13/4), workshop writing (14/4), Oceart (15-16/4), presentasi inovasi kelautan (16/4), dan diakhiri dengan kegiatan PMP (peduli masyarakat pesisir) di Lamongan (18/4).

"PMP itu berupa kegiatan bersih-bersih pantai, penanaman terumbu karang, dan pengobatan gratis bagi masyarakat pesisir," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009