1 pasien positif COVID-19 di Lumajang ditangani dengan baik

1 pasien positif COVID-19 di Lumajang ditangani dengan baik

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wabup Lumajang Indah Amperawati bersama jajaran forkopimda menggelar konferensi pers terkait perkembangan terbaru kasus COVID-19 di Kantor Bupati Lumajang, Jumat (27/3/2020) malam. ANTARA/istimewa

Sekarang tidak boleh ada yang meremehkan COVID-19 karena virus tersebut bukan virus influenza biasa, virus itu sangat ganas
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan satu pasien terkonfirmasi positif virus corona baru (COVID-19) di daerah itu akan ditangani dengan baik oleh tenaga medis RSUD dr. Haryoto Lumajang.

"Setelah hasil pemeriksaan yang baru keluar, satu warga Lumajang dinyatakan terkonfirmasi positif corona dan kami pastikan tim medis akan melakukan penanganan dengan baik," katanya saat konferensi pers di Lumajang, Jumat (27/3) malam.

Dia mengatakan warga Kecamatan Kedungjajang yang terkonfirmasi positif corona tersebut, sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

"Pasien yang positif itu sebelumnya melaksanakan ibadah umrah dan telah kembali ke Tanah Air pada 10 Maret 2020, kemudian masuk ke RSUD dr. Haryoto pada 20 Maret 2020 dan hingga kini diisolasi di RSUD dr. Haryoto dengan kondisinya stabil dan sehat," tuturnya.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, pihaknya akan melakukan langkah-langkah untuk dapat mendeteksi lebih awal, serta mengisolasi orang terdekat maupun yang pernah menjalin kontak dengan pasien positif tersebut guna melakukan pemeriksaan dengan tes cepat.

"Kami akan mendeteksi kontak terdekat, siapa saja yang di lingkaran keluarganya yang sekian waktu berinteraksi erat, kemudian siapa saja yang berkunjung atau ziarah umrah, sehingga kami juga akan melakukan isolasi bagi beberapa keluarga yang dekat dengan diawali melalu 'rapid test' (tes cepat) dulu," katanya.

Baca juga: Pemkab Lumajang tempatkan bilik disinfeksi di RS dan ruang publik

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengimbau masyarakat tidak panik saat ditemukan satu pasien positif COVID-19 di Lumajang.

Namun, katanya, mereka harus tetap fokus dan waspada untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

"Sekarang tidak boleh ada yang meremehkan COVID-19 karena virus tersebut bukan virus influenza biasa, virus itu sangat ganas dan menyebarnya sangat cepat, kami tidak ingin ada lagi warga yang postif di Lumajang, cukup satu itu dan mudah-mudahan cepat sembuh," katanya.

Direktur RSUD dr Hariyoto Lumajang dr Halimi Maksum mengatakan kondisi pasien yang terkonfirmasi positif corona itu stabil dan progresnya membaik.

Namun, katanya, petugas kesehatan akan melakukan pemantauan dan pengamatan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai prosedur.

"Kalau kondisi kesehatannya terus membaik, maka akan dilakukan tes swab kedua dan apabila hasilnya negatif, maka dinyatakan sembuh dan setelah benar-benar sehat bisa kembali pulang," katanya.

Baca juga: Bupati Lumajang instruksikan semprot tempat ibadah dengan disinfektan
Baca juga: Pemkab Lumajang liburkan sekolah selama 14 hari, antisipasi COVID-19

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar