Manchester, Inggris, (ANTARA News) - Sir Alex Ferguson tetap mempertahankan striker Dimitar Berbatov ketika Manchester United berusaha mengembalikan jalur keperkasaan mereka setelah tersingkir dari Piala FA.

Berbatov telah berjuang untuk membuktikan bahwa United tidak salah telah merogoh kocek sebanyak 30 juta pound untuk mendapatkannya dari Tottenham pada September lalu, seperti dikutip dari AFP.

Namun pemain asal Bulgaria itu hanya mencetak delapan gol dalam 27 penampilannya di liga, dan bahkan setelah turun sebagai pemain pengganti, dia gagal mengeksekusi penalti dalam drama adu penalti di semifinal Piala FA, Minggu, dimana timnya dikalahkan Everton, dan ini menuai kritik.

Namun tim juara liga utama Inggris itu mendapat peluang untuk kembali berkibar ketika tim ini menjamu Portsmouth di Old Traffrd pada Rabu.

Dalam membangun pertandingan itu, pelatih United Ferguson tetap mempertahankan Berbatov dari tuduhan bahwa dia tidak pantas menerima fee transfer yang berlebih.

"Saya tidak melihat beberapa bukti tentang itu, dia mengalami cedera tapi saya pikir dia bekerja dengan baik ketika dia turun di semifinal," kata Ferguson.

"Dia mengecewakan karena gagal membuat gol penalti dan dia mendapatkan kritik karena itu," katanya.

"Ketika anda membayar 30 juta pound untuk seorang pemain maka apakah anda berfikir dia akan mampu mencetak gol penalti, tapi seseorang bisa gagal penalti," katanya.

"Berbatov gagal dan kemudian itu menjadi kekecewaan di ruang ganti, anda akan selalu mendapati itu setelah (kekalahan) semifinal," tambahnya.

"Dan itu kekalahan semifinal pertama kami, jangan lupakan itu, kami akan berusaha melangkan lagi," katanya.

"Itu telah lewat dan kami akan bekerja lagi," tambahnya.

Ferguson tetap merasa tertantang meskipun harapan klub untuk menyapu bersih trophi telah sirna di Wembley.

Dia sangat berharap timnya mampu bangkit melawan Portsmouth dan menahan tekanan atas pesaingnya Liverpool yang akan beraksi melawan Arsenal di Anfield pada Selasa, dimana hasil imbang akan cukup untuk mengambil alih posisi United di puncak klasemen sebelum kick-off United melawan tim Pompey.

"Kami harus menambal kekalahan dengan beberapa poin dan kami sudah melakukannya dengan baik," kata Ferguson.

"Kami kalah dua kali berturut-turut, dari Liverpool dan Fulham, tapi setelah itu kami mengalahkan Aston Villa, Porto dan Sunderland dan jangan kalah di Wembley," katanya.

"Menurut saya ada cukup motivasi diantara para pemain kami untuk menanti pertandingan," tambahnya.

Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo dan Edwin van der Sar yang semuanya istirahat pada akhir pekan, bakal turun untuk memperkuat tim.

"Berusaha untuk tidak lelah lagi setelah Wembley, terutama setelah tambahan waktu, itu akan selalu menjadi masalah," kata Ferguson.

"Tapi ada cukup kesegaran selama istirahat skuad untuk kuat pada Rabu, kami telah merencanakan itu," tambahnya.

Sementara itu Portsmouth yang belum bisa menjamin masa depan mereka di liga utama, akan tampil tanpa pemain asal Kroasia Niko Kranjcar setelah dia mengalami kram saat menang 1-0 atas Bolton pada pertandingan Sabtu.

"Itu terpaan bai kami karena dia pekerja yang baik bagi kami dan dia cukup penting bagi kami," kata pelatih portsmouth Paul Hart.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009