Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali memantau perdagangan dan harga tidak wajar pada saham tiga perusahaan, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), PT Centralproteina Prima Tbk (CPRO), dan PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB).

"Karena itu BEI memasukkan mereka ke kategori aktivitas pasar tidak biasa atau unusual market activity (UMA), pasalnya terjadi peningkatan harga saham di luar kebiasaan dibandingkan periode sebelumnya," kata Direktur Pencatatan BEI Eddy Sugito dalam keterbukaan informasi.

Eddy mengatakan, bursa telah meminta konfirmasi kepada UNSP pada tanggal 17 April 2009 dan saat ini otoritas sedang menunggu jawaban permintaan konfirmasi. Adapun untuk TRUB, bursa telah meminta konfirmasi kepada perusahaan tercatat pada 13 April 2009, sedangkan CPRO pada 20 April 2009.

Pelaku pasar diharapkan memperhatikan jawaban emiten yang bersangkutan serta memperhatikan kinerja TRUB, UNSP dan CPRO sekaligus mengkaji kembali rencana aksi korporasi perseroan apabila rencana tersebut belum disetujui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Investor juga harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009