Bandung, (ANTARA News)- Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) "Rencang Geulis" resmi beroperasi melayani penumpang jurusan Padalarang-Bandung-Cibatu.

Peresmian kereta elektrik pertama di Jawabar itu dilakukan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djaman bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Stasiun Bandung, Rabu dengan memberangkatkan perjalanan pertama KRDE "Rencang Geulis" pada pukul 10.00 WIB.

Kereta elektrik tersebut telah dilakukan uji coba dan mendapat sertifikat uji pertama dari Direktorat Jenderal Perkertaapian Departemen Perhubungan sebagai pemenuhan syarat teknis dan jaminan kelayakan operasional.

Pada kondisi beban normal, satu set KRDE dapat mengangkut total penumpang duduk dan berdiri sebanyak 650 orang.

KRDE Rencang Geulis jurusan Padalarang-Bandung-Cibatu yang menempuh karak sejauh 72 Km melewati beberapa stasiun yaitu Padalarang-Cimahi-Cimindi-Andir-Bandung-Cikudapateuh-Kiaracondong-Gedebage- Cimekar-Rancaekek-Haurpugur-Cicalengka-Nagreg-Lebakjero-Leles-Cibatu.

Satu set KRDE terdiri dari lima unit kereta yaitu satu unit kereta dengan engine dan kabin masinis, satu unit kereta motor, dua unit kereta trailer, dan satu unit kereta trailer yang dilengkapi kabin masinis.

Pengembangan KRDE oleh PT Industri Kereta Api (Madiun) dilaksanakan alam dua tahun anggaran APBN dan Dipa satuan kerja pengembangan sarana perkerataapian Ditjen Perkeretaapian Dephub dan diselesaikan pada Desember 2008 dengan total anggaran sebesar Rp43 miliar.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009