Makassar (ANTARA News) - Kontes buah se Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperoleh kultivar buah unggul lokal, yang selanjutnya akan diusulkan menjadi varietas unggul nasional setelah dilakukan eksplorasi.

Sekprov Sulsel, HA Muallim, SH, MSi saat mewakili Gubernur Sulsel membuka kontes buah, di Makassar, Rabu, memuji pelaksanaan kontes buah se Sulsel, sebab potensi buah di provinsi ini sangat besar.

Selain potensial, pangsa pasar buah di Sulsel juga besar, namun belum dibarengi pengembangan skala besar dan industri pengolahan buah.

"Kenapa kita tidak fokus mengembangkan buah yang ada. Padahal, jika dimaksimalkan kualitasnya, juga tidak kalah dengan buah impor dari luar negeri," katanya.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel menyebutkan, ada 323 jenis tanaman hortikultura yang ditangani di Sulsel, 60 jenis diantaranya tanaman buah, Selebihnya 80 jenis sayuran, 117 jenis tanaman hias dan 66 jenis tanaman biofarma.

Sebanyak 60 jenis tanaman buah yang dikelola tersebut, terdapat beberapa jenis yang dikonteskan, antara lain durian, langsat, jeruk besar dan pepaya, ditambah beberapa buah spesifik lokal lainnya.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, juga telah melepas 14 buah varietas unggul, yaitu Langsat Wollangi dari Kabupaten Bone, Mangga Sukku dari Kabupaten Enrekang, Mangga Lanabbu dari Pinrang, Pisang Barangan dari Kabupaten Soppeng.

Salak Enrekang, Sukun Padaidi dan Sukun Toddopuli dari Bone, Durian Tamalate, Durian Sawerigading dari Palopo dan Luwu, Markisa Malino dari Gowa, Nanas Serawak dari Wajo, Jeruk Besar Merah dan Putih dari Pangkep dan Jeruk Keprok dari Selayar.

Sedangkan Pisang Kepok dari Selayar yang diberi nama "Unti Sayang" dalam tahap pelepasan secara nasional.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009