Bekasi (ANTARA News) - Portal kota Bekasi telah dimanfaatkan oleh masyarakat dalam menyampaikan berbagai permasalahan seperti rumitnya pengurusan KTP, sarana jalan yang rusak serta kritikan terhadap kinerja aparat pemerintah.

"Portal www.kotabekasi.go.id itu menjadi sarana penting dalam menjembatani keinginan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah kota," kata kepala bagian telematika, Setda kota Bekasi, Nellyana, di Bekasi, Rabu.

Setiap Minggu laporan pengaduan dari masyarakat yang masuk bisa mencapai 20 laporan dan setelah disaring serta diperbaiki bahasanya disampaikan dalam pertemuan walikota dengan perangkatnya.

Laporan masyarakat itu akan dijawab langsung oleh instansi terkait dan biasanya lebih cepat ditindaklanjuti, termasuk dengan menganggarkan dana dalam APBD ataupun ABT.

"Laporan yang masuk tidak serta merta diterima, namun dicek kebenarannya terlebih dahulu. Kondisi riil di lapangan itulah yang dilaporkan untuk dicarikan jalan keluarnya," ujar Nellyana.

Hampir disetiap kali rapat, walikota mempertanyakan laporan dari masyarakat tersebut. "Manfaatnya luar biasa. Masyarakat makin kritis dan aparat dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik," ujarnya.

Untuk tampilan portal tersebut sudah dibuat sangat maju, dibuat menarik, lebih manis sitematis serta keamanannya terjamin.

Dalam mengelola portal tersebut, aparat Pemkot menempatkan server sehingga setiap dinas dan kecamatan yang sudah tersambung online bisa mengakses setiap saat tanpa biaya.

"Kita terus berupaya menyempurnakan tampilan portal serta mensosialisasikan ke masyarakat, sehingga akan lebih banyak lagi informasi serta masukan yang bisa didapat," ujarnya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009