Denpasar (ANTARA News) - Komunitas Kreatif Bali akan mencetak pengusaha kreatif yang mampu menghadapi persaingan global lewat kegiatan lokakarya dan forum pengusaha kreatif.

Ketua Komunitas Kreatif Bali, Arief Budiman di Denpasar, Kamis menjelaskan, lewat forum tersebut, pihaknya ingin membentuk pelaku usaha kreatif yang berwawasan bisnis serta memiliki jiwa kepemimpinan mandiri.

"Krisis global saat ini merupakan tantangan bagi Indonesia. Karena itu pemerintah mencanangkan tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif untuk mendorong aktivitas perekonomian berdaya saing, bersumber daya terbarukan dan berbasis pada olah kreativitas," katanya.

Program pemerintah tersebut, katanya, menjadi perhatian dari Komunitas Kreatif Bali untuk bisa dikembangkan dan ditularkan kepada masyarakat secara luas.

"Komunitas ini beranggotakan kelompok masyarakat yang kreatif dan menaruh perhatian terhadap pengembangan industri kreatif sebagai penggerak ekonomi di Bali," ujarnya.

Menurut dia, komunitas tersebut didirikan sebagai forum sosial yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi terciptanya budaya kreatif dengan mendorong semangat kewirausahaan dan sikap-sikap inovatif.

"Lokakarya dan peluncuran forum ini terlaksana berkat kerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar. Kebetulan Pemerintah Kota Denpasar telah mencanangkan prograf kreatif untuk tahun 2009 dan 2010," kata Arief.

Ia menjelaskan, pada lokakarya tersebut, pihaknya akan menyampaikan presentasi, antara lain mengenai program Kota Denpasar Kreatif 2010, sosialisasi kompteisi internasional pengusaha muda kreatif dan lainnya. (*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009