Canberra (ANTARA News) - Kontes Miss Universe di Australia memicu kontroversi Kamis, saat beberapa dokter dan ahli makanan menyatakan seorang finalis utama "hanya tulang dan kulit" dan sangat kekurangan gizi.

Model Sydney Stephanie Naumoska (19) adalah salah satu dari 32 peserta dari lebih 7.000 calon yang membuat acara final gemerlapan pada acara guna mendorong "tubuh yang sehat dan proporsional".

"Cuma tulang atau cantik?" demikian judul berita utama surat kabar ketika mengomentari gambar Naumoska, yang kurus-kering, berpose dengan memakai bikini berwarna merah.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan Namoska, yang memiliki tinggi 1,8 meter dan berat hanya 49 kilogram, memiliki indeks massa tubuh (BMI) hanya 15,1, jauh di bawah batas ukuran gizi resmi 18.

"Ia akan dikategorikan sebagai kekurangan berat dan saya tentu saja ingin melakukan penilaian mengenai makanannya guna memastikan bahwa ia tak memiliki sejenis gangguan makan," kata ahli makanan Melanie McGrice kepada beberapa surat kabar lokal.

"Ia perlu menjalani pemeriksaan darah, analisis makanan dan penilaian secara keseluruhan," katanya.

Direktur kontes kecantikan Deborah Miller mengatakan, Naumoska, yang berambut coklat dan kalah di final oleh pembawa acara televisi dan model yang berusia 20 tahun, Rachael Finch, memiliki warisan Macedonia, yang mempengaruhi kondisi tubuhnya yang sangat kurus.

"Mereka memiliki tubuh yang lentur dan panjang serta tulang yang kecil. Itu lah jenis tubuh mereka, seperti gadis lain Asia yang cenderung bertubuh kecil," kata Miller.

Namun Ketua Perhimpunan Medis Australia Rosanna Capolingua, yang organisasinya mewakili para dokter Australia, mengatakan kontes tersebut mesti memberlakukan ukuran minimum BMI 20.

"Namun bagian yang paling tidak sehat mengenai itu ialah citra yang diperlihatkannya kepada perempuan muda lain yang mungkin memandang ini sebagai normal, padahal jelas itu tidak normal," kata Capolingua.

Meskipun Naumoska menolak berbicara kepada media, ahli gizi Susie Burrel mengatakan kepada surat kabar Herald Sun bahwa tak ada yang disebut jenis tubuh Macedonia.

Finch, yang akhirnya menjadi pemenang, akan bersaing di final Miss Universe dunia di Kepulauan Bahama pada Agustus. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009