Kemarin, simulasi pembatasan akses Jakarta hingga hoaks "lockdown"

Kemarin, simulasi pembatasan akses Jakarta hingga hoaks "lockdown"

Sebuah drone menyemprotkan disinfektan dari ketinggian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman,, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz. (ANTARA/RENO ESNIR)

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (29/3) telah diwartakan Kantor Berita ANTARA.

Berikut dihadirkan beberapa berita terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas Anda.

Polda Metro simulasikan pembatasan kendaraan dari dan ke Jakarta

Polda Metro Jaya menyusun skema simulasi pembatasan akses dari dan menuju Jakarta sebagai antisipasi untuk menghalau penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi menegaskan Jakarta tidak dalam kondisi atau akan melakukan "lockdown".
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo (tengah) usai menyerahkan alat pelindung diri (APD) bagi anggota Unit Kecelakaan untuk pencegahan penularan wabah COVID-19 saat menangani korban kecelakaan di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Sabtu (28/3/2020).(ANTARA/HO/Ditlantas Polda Metro Jaya)

Bogor siapkan dua skenario "lockdown"

Pemerintah Kota Bogor menyiapkan dua skenario "lockdown" atau karantina wilayah yakni di pusat Kota Bogor dan di seluruh Kota Bogor guna mengantisipasi jika DKI Jakarta menerapkan hal serupa untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, menjelaskan dua skenario "lockdown" itu pada rapat koordinasi antara Tim Crisis Center COVID-19 Kota Bogor dengan Bupati Bogor Ade Yasin, di Posko Tim Crisis Center COVID-19 Kota Bogor, di Kota Bogor, Minggu.

Khawatir COVID-19, warga Cipinang Melayu tutup jalan dengan seng

Warga RW04 Cipinang Melayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, membatasi aktivitas pengunjung yang melintasi kawasan mereka dengan menutup sebagian jalan dengan seng, Minggu.

Hal itu disampaikan Lurah Cipinang Melayu, Agus Sulaeman, yang dihubungi ANTARA melalui sambungan telepon.

"Penutupan jalan tidak berkaitan dengan standar operasional prosedur 'lockdown' dan bukan karantina. Itu hanya pembatasan tamu saja," katanya.
Rekaman gambar yang diunggah B saat menyebarluaskan kabar bohong terkait "lockdown" di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, yang beredar luas melalui WhatsApp, Minggu (29/3/2020). (ANTARA/HO-Polrestro Jaktim)
Pengunggah kabar bohong "lockdown" Cipinang Melayu ditangkap polisi

Seorang oknum warga di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur ditangkap polisi atas tuduhan diduga menyebarluaskan kabar bohong atau hoaks terkait karantina wilayah (lockdown), Minggu.

"Sudah (ditangkap), besok kita rilis di Polda Metro Jaya sekalian bareng sama Polres yang lain," ujar Kasat Reskrim Polresto Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo melalui pesan singkat yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu malam.

Waspadai tiga penularan Corona yakni uang, barang online dan keluarga

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi mengatakan agar masyarakat mewaspadai tiga sumber penularan Virus Corona (COVID-19) yang sering terlupakan, yakni uang tunai, barang belanja dalam jaringan (daring), serta orang terdekat (keluarga).

"Memang ada tiga sumber penularan yang orang suka lupa, barang online, uang cash, sama orang terdekat," kata Purnawan di BNPB Jakarta, Sabtu.

TNI AU dan FASI semprot disinfektan menggunakan drone di Jaktim

Anggota TNI Angkatan Udara dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) menyemprot cairan disinfektan menggunakan pesawat tanpa awak atau drone di permukiman penduduk RW 07 Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu pagi.

Ketua RW 07 Hasbullah mengatakan kegiatan dalam rangka pencegahan wabah COVID-19 itu merupakan kerja sama pihaknya dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kapolda Metro Jaya tinjau kesiapan Stasiun Gambir jelang Normal Baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar