Safari Saka Wanabakti Tanam 5000 Pohon

     Jakarta, 24/4 (ANTARA) - Satuan Karya Pramuka (SAKA) Wanabakti akan menggelar kegiatan penanaman 5000 pohon untuk masyarakat dalam Safari Bakti Saka Wanabakti. Acara ini akan dicanangkan oleh Menteri Kehutanan pada tanggal 24 April 2009 di sekitar waduk Cirata desa Kerta Jaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Prov. Jawa Barat.

     Safari ini selanjutnya akan dilakukan di 20 propinsi, yaitu 8 propinsi di Sumatera, 8 propinsi di Jawa, 2 propinsi di Kalimantan, dan 2 propinsi di Sulawesi.

     Safari Bakti Saka Wanabakti merupakan sumbangsih Saka Wanabakti dalam memperbaiki lingkungan, dan respon atas isu global pemanasan global dan perubahan iklim. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk perkemahan, di lahan seluas 6,5 ha. Adapun jenis pohon yang akan ditanam meliputi kayu-kayuan, dan spesies pohon yang multi guna (Multi Purpose Tree Species/MPTS). Kegiatan penanaman tersebut akan dilaksanakan secara bersama-sama dan melibatkan masyarakat setempat. Selain penanaman, kegiatan lain adalah bakti sosial pembuatan sumur resapan, lubang biopori, rehabilitasi sekolah dan tempat ibadah, donor darah, serta pemberian buku-buku pelajaran dan bacaan bagi masyarakat.

     Dengan tema "Pramuka menanam pohon bagi kehidupan dunia yang lebih baik", dan motto "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan", Safari Bakti Saka Wanabakti akan dijadikan bentuk nyata bakti pramuka dalam ikut mencerdaskan masyarakat, khususnya generasi muda dalam pelestarian alam.

     Safari Bakti Saka Wanabakti akan digelar selama 3 hari, yaitu tanggal 24 - 26 April 2009, diikuti oleh anggota Saka Wanabakti, mulai Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pramuka Dewasa. Selain itu juga akan diikuti oleh organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, dan pesantren.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Departemen Kehutanan

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar