Yogyakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kecewa pada sikap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN yang belum menindaklanjuti hasil pertemuan di rumah Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN Amien Rais lalu.

"Kami menyayangkan DPP PAN yang hingga kini belum mengambil langkah berarti untuk menindaklanjuti hasil pertemuan antara MPP DPP PAN dengan 27 DPW PAN se-Indonesia di Sleman, DIY pada 19 April 2009," kata Ketua DPW PAN Yogyakarta Immawan Wahyudi di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, apapun materi yang telah disepakati dalam pertemuan itu seharusnya dihormati oleh DPP PAN sebagai aspirasi yang layak untuk didengarkan dan diperjuangkan.

Untuk mendorong DPP PAN segera mengambil sikap, 27 DPW PAN se-Indonesia dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan lagi.

"Dalam waktu satu hingga dua hari ke depan kami akan mengadakan pertemuan lagi di Jakarta untuk mendorong DPP PAN segera mengambil langkah konkret untuk menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres), 8 Juli 2009," katanya.

Apalagi, agenda rapat pimpinan nasional DPP PAN yang rencananya digelar pada 27 April 2009 ditunda sehingga DPW PAN DIY memandang perlu konsolidasi nasional segera di jajaran partai berlambang matahari untuk menghadapi Pilpres 2009.

Selain itu, DPW PAN DIY juga mendesak pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu untuk meminimalkan kelemahan, kecurangan, dan penyimpangan pada Pilpres mendatang.

Ia menyayangkan tahapan Pemilu Legislatif 9 April 2009 lalu diliputi kelemahan, kecurangan, dan penyimpangan yang tidak hanya merugikan parpol, tetapi juga sebagian masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

"Untuk itu, dalam menghadapi Pilpres 2009, DPW PAN DIY mendesak seluruh lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu untuk bekerja lebih profesional dan bertanggung jawab," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009