Palembang (ANTARA News) - Untuk menarik minat mahasiswa dari berbagai negara di Asia dan Afrika, Kerajaan Malaysia menyediakan 100 beasiswa bagi mahasiswa internasional.

"Kami menyediakan 100 beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di Malaysia termasuk dari Indonesia," kata Direktur Bidang Promosi Pendidikan Kedutaan Malaysia untuk Indonesia, Darsham Daud, di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu.

Menurut dia, guna menarik minat pelajar kuliah ke Malaysia pihaknya menyelenggarakan pameran selama dua hari di Palembang dengan tema "Sempena Pameran Pendidikan Malaysia-Mohex 2009".

Pameran dilaksanakan pada 25-26 April di Hotel Aryaduta Palembang, tambahnya.

Ia mengatakan, khusus untuk 100 beasiswa tersebut pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya bagi pelajar di Palembang.

"Siapa yang cepat dan mampu memenuhi syarat dan ketentuan silahkan mendaftarkan diri segera," katanya.

Dia menjelaskan, pendidikan di Malaysia tidak kalah dengan negara lain, seperti Singapura dan Australia.

Apalagi standar pendidikan di negeri jiran sudah internasional sehingga kualitas lulusan perguruan tinggi Malaysia sama dengan negara maju lain, ujarnya.

Daud menambahkan, sampai akhir tahun 2008 tercatat sebanyak 10.200 mahasiswa asal Indonesia dan 10.800 yang berasal dari China.

Sebanyak 22 perguruan tinggi negeri dan 32 universitas swasta serta 500 institusi setingkat politeknik negeri dan swasta yang dapat dipilih untuk menjalankan kuliah sarjana (S1), master (S2) atau doktoral (S3), tambah dia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009