Washington (ANTARA News/AFP) - Seorang diplomat veteran yang paling belakangan ditugasi dengan tugas sulit sebagai utusan untuk Sri Lanka telah dipilih oleh Presiden Barack Obama sebagai asisten menlu untuk urusan Asia Selatan.

Jika disetujui oleh senat, Robert Blake akan menggantikan Richard Boucher dalam tugas yang berkaitan dengan Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Maladewa, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Tajikistan, Turkmenistan dan Pakistan.

Menjabat di bawah Boucher sebagai duta besar untuk Kolombo, Blake telah mendesak para pejabat Sri Lanka untuk membiarkan warga sipil pergi ke tempat aman dari tempat mereka terperangkap dengan pemberontak Macan Tamil yang akan melancarkan tindakan terakhir dalam 26 tahun perang saudara.

Dalam mengumumkan pencalonannya oleh Obama, Gedung Putih mengatakan, Blake juga deputi kepala misi di misi AS di New Delhi, India, dari 2003 hingga 2006.

Seorang pejabat dinas luar negeri sejak 1985, Blake juga pernah bertugas di kedutaan besar AS di Tunisia, Aljazair, Nigeria dan Mesir. Ia juga memegang sejumlah jabatan di Deplu di Washington.

Tidak jelas dengan segera apakah peran Blake di Afghanistan dan Pakistan, yang telah dicakup oleh wakil khusus Obama, Richard Hollbrooke.

Blake memperoleh sarjana muda dari Harvard College pada 1980 dan master dalam hubungan internasional dari John Hopkins School of Advanced International Studies (SAIS) pada 1984.
(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009