Jakarta (ANTARA) - Potongan coding pemrograman dalam versi terbaru Spotify untuk Android sekali lagi mengisyaratkan kemungkinan audio lossless yang telah lama ditunggu-tunggu akan hadir dalam waktu dekat.

Setelah awalnya dikenal tiga tahun lalu sebagai "Spotify HiFi" dan kemudian dikabarkan akan menjadi bagian dari tingkat langganan "Premium" yang lebih mahal, sepertinya Spotify kembali mengubah strategi.

Sebuah sampel coding Spotify terbaru yang berhasil diungkap seorang pengguna Reddit, Hypixely, menunjukkan bahwa audio lossless akan disertakan dalam add-on opsional "Music Pro" yang juga akan menyertakan fitur remix DJ, sebagaimana disiarkan laman The Verge, Sabtu (13/4).

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pembuatan daftar putar lagu dengan teknologi AI

Fitur-fitur tersebut akan memungkinkan pelanggan Spotify mengutak-atik lagu dengan cara yang benar-benar baru. Jadi, Music Pro bukanlah paket lain, melainkan sesuatu yang bisa pengguna tambahkan ke Spotify Premium dengan harga yang belum diketahui.

Hypixely telah mengutak-atik banyak kode pemrograman tersebut berhasil menyusun rencana Spotify. Penyebutan lossless sangat jelas dengan Spotify mendukung file FLAC "hingga 24-bit/44.1kHz" (spesifikasi umum untuk audio lossless).

Yang menarik, Spotify juga merencanakan semacam fitur pengoptimalan headphone yang menggunakan "teknologi yang dipatenkan" untuk meningkatkan suara untuk model tertentu, dengan AirPods Apple yang disebut-sebut dalam coding itu pula.

Baca juga: Spotify dikabarkan menaikkan harga tahun ini dan kenalkan rencana baru

Sebagian besar teknik kompresi audio mengakibatkan hilangnya sejumlah data dalam file sumber asli. Kompresi lossless adalah bentuk kompresi yang mempertahankan semua data asli yang memberikan kualitas paling maksimal, semirip mungkin dengan kualitas dari rekaman musik yang dilakukan oleh para musisi.

Hypixely juga percaya bahwa Music Pro akan memungkinkan pemfilteran perpustakaan yang lebih canggih (berdasarkan suasana hati, genre, dan lainnya). Spotify juga mendorong lebih jauh ke dalam daftar putar AI, tetapi tidak pasti apakah itu akan menjadi bagian dari pengaya Music Pro.

Sebelumnya, Apple Music telah lebih dulu meluncurkan fitur “spatial audio” Dolby Atmos dan juga fitur “lossless quality” di aplikasi mereka di tahun 2021.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur Miniplayer untuk aplikasi di desktop

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pemutaran video musik, tersedia di Indonesia


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024