Jakarta (ANTARA) - Spotify memperkenalkan 12 musisi yang bergabung dalam program RADAR Indonesia 2024, yakni program dari Spotify untuk mendukung artis pendatang baru dalam menjangkau lebih banyak pendengar dari beragam lintas genre.

“Melalui RADAR, kami sangat senang dapat memperkenalkan musisi Indonesia yang berbakat dan luar biasa dari berbagai genre, mulai dari Indie, R&B/Soul, hingga Pop Jawa yang tengah digandrungi,” kata Kepala Musik Spotify Asia Tenggara Kossy Ng, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.
 
Sejak program diluncurkan pada 2020, karya musisi yang masuk Spotify RADAR tidak hanya dinikmati oleh pendengar di Indonesia, tapi, juga di berbagai belahan dunia. Tahun ini, ada 12 artis Indonesia yang berhasil masuk ke dalam program RADAR, yakni Abeliano, Ashira Zamita, Anggis Devaki, Dreane, Gery Gani, Jasmine Nadya, Masdddho, Nyoman Paul, Putu Maydea, Rizwan Fadilah, Salma Salsabil, dan Satine Zaneta.

Baca juga: Intip pencapaian Raissa Anggiani lewat program RADAR Spotify

Pada 2023, playlist (daftar putar) RADAR Indonesia telah dinikmati oleh pendengar di lebih dari 120 negara. Bahkan, negara Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, dan Singapura menjadi negara dengan jumlah pendengar terbanyak setelah Indonesia.

Melihat pertumbuhan jumlah streaming playlist RADAR Indonesia hingga 53 persen, Spotify akan terus mendukung penemuan artis-artis baru dari dalam negeri.

Sebagai bagian dari RADAR Indonesia, para artis akan memperoleh dukungan editorial dengan menampilkan lagu-lagu mereka dalam berbagai playlist di Spotify, hingga publisitas ke luar negeri untuk menunjukkan potensi besar dari para artis yang siap menjangkau lebih banyak pendengar.

“Lewat keterlibatanku di program RADAR, aku berharap karyaku bisa didengar dan menjangkau lebih banyak fan, nggak hanya di Indonesia, tapi, juga dari berbagai negara lainnya," kata Salma Salsabil, salah satu artis RADAR Indonesia 2024.

Program Spotify RADAR telah menampilkan lebih dari 700 musisi pendatang baru dari 183 negara untuk mendukung karier mereka di dunia musik.

Di Indonesia, artis RADAR telah mengukir banyak prestasi, salah satunya Nadhif Basalamah yang sukses merajai tangga lagu Spotify Indonesia selama 24 minggu berturut-turut lewat single “penjaga hati”. Hingga saat ini, lagu tersebut telah didengarkan lebih dari 190 juta kali di Spotify.

Selain Nadhif, beberapa artis RADAR Indonesia lainnya seperti Anggi Marito juga berhasil memboyong penghargaan di Spotify Wrapped 2023 sebagai RADAR Artist of the Year dengan lagunya “Tak Segampang Itu” dan Aziz Hedra yang pernah merajai tangga lagu di berbagai negara lewat single-nya “Somebody's Pleasure”.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pemutaran video musik, tersedia di Indonesia

Baca juga: Apple Music bayar royalti lebih untuk lagu yang dukung audio spasial

Baca juga: YouTube Music tingkatkan layanan dengar musik di desktop

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024