Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming musik milik Google, YouTube Music, meningkatkan pelayanan mendengarkan musik pada aplikasi untuk desktop ​​​​​​dengan memungkinkan pengguna mengunduh musik dan mendengarkannya saat tidak terhubung ke internet.

Sebelumnya YouTube Music hanya memungkinkan pengguna mendengarkan musik luring melalui aplikasi mobile, tetapi selanjutnya akan menyediakannya pula pada aplikasi untuk desktop.

Menurut siaran GizChina pada Minggu (31/3), pengguna aplikasi untuk desktop nantinya bahkan bisa menyimpan satu daftar putar musik untuk didengarkan ketika luring.

Baca juga: YouTube Music permudah pencarian dengan fitur pengenalan lagu

YouTube Music sudah melakukan uji coba fitur pada aplikasi untuk desktop selama beberapa waktu. Namun, hanya sejumlah kecil pengguna yang menjadi bagian dari pengujian.

Fitur tersebut saat ini tampaknya sudah diluncurkan ke lebih banyak pengguna, tetapi peluncurannya mungkin dilakukan secara bertahap.

Beberapa pengguna sudah mendapat pesan notifikasi berbunyi "Baru! Unduh musik untuk didengarkan luring." Pesan tersebut muncul di samping tab "Perpustakaan" atau "Library" di aplikasi web.

Jika pengguna menerima pesan tersebut, maka aplikasi YouTube Music di desktop-nya sudah digunakan untuk mengunduh lagu agar dapat dinikmati saat luring.

Baca juga: YouTube Music mungkinkan pengguna cari lagu dari gumaman

Cara menyimpan lagu di aplikasi YouTube Music versi desktop cukup mudah, yakni dengan mengarah ke lagu atau album yang diinginkan dan mengklik tombol unduh. Tombol itu seharusnya ada di antara "Save to library” dan tombol menu tiga titik.

Sama seperti di aplikasi seluler, semua lagu yang diunduh akan masuk ke tab "Unduhan" atau "Downloads". Itu ada di "Perpustakaan".

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur filter yang memungkinkan pengurutan lagu, siniar, album, atau daftar putar.

Baca juga: YouTube perlambat akses perangkat yang aktifkan "ads blocker"
Baca juga: YouTube luncurkan fitur baru untuk jeda komentar video

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024