Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Apple dikabarkan akan membawa sejumlah kabar menarik pada konferensi pengembang WWDC 2024 pada Juni mendatang, antara lain merombak ulang desain aplikasi untuk iOS 18.

Laman Phone Arena, Minggu (28/4), melaporkan Apple bakal memberikan tinjauan iOS 18 dan iPadOS 18 pada WWDC 2024. Analis Bloomberg Mark Gurman membocorkan sejumlah pembaruan yang akan dibawa Apple untuk sistem operasi terbaru mereka itu.

Menurut Gurman, Apple akan merombak ulang desain aplikasi antara lain Mail, Notes, Photo dan Fitness untuk iOS 18. Sementara untuk iPadOS 18, pengguna akan mendapatkan aplikasi kalkulator yang selama ini belum ada di tablet tersebut.

Baca juga: Apple lakukan pembicaraan dengan OpenAI-Google terkait AI di iOS 18

Baca juga: Apple bakal ubah "Apple ID" jadi "Apple Account" mulai iOS 18


Perangkat lunak iOS 18 dan iPadOS 18 juga akan mengizinkan pengguna untuk menyematkan ikon aplikasi di mana pun di homescreen (laman utama).

Di luar desain aplikasi, Apple diperkirakan akan membawa sejumlah fitur baru berbasis artificial intelligence (AI atau kecerdasan buatan) dan pembaruan untuk asisten virtual Siri.

Meski terkesan desain ulang besar-besaran, Gurman mengingatkan perombakan pada iOS 18 tidak sedrastis perubahan pada iOS 7 sekitar 11 tahun yang lalu. Ketika itu, Apple menanggalkan desain skeumorfisme, merujuk pada objek sungguhan ketika membuat ikon, sehingga perubahan pada tampilan iOS 7 terlihat mencolok.

Apple akan menggelar konferensi WWDC 2024 pada 10 Juni.

Baca juga: Apple andalkan iOS 18 jadi daya tarik untuk jual seri iPhone 16

Baca juga: Apple tunda sementara pengembangan iOS 18 dan macOS 1

5
Baca juga: Apple hanya uji coba fitur "sideloading" di iPhone


 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024