Kabupaten Badung (ANTARA) - YouTube Music dikabarkan telah merilis fitur ke beberapa kelompok kecil untuk memungkinkan pengguna mencari lagu yang referensinya berasal dari gumaman pengguna.

Sebenarnya fitur serupa sudah dirilis di aplikasi YouTube untuk Android pada Oktober 2023 setelah diujicobakan pada Agustus 2023.

Dan nampaknya fitur itu disukai sehingga akhirnya diperluas fiturnya ke aplikasi khusus musik mereka, yaitu YouTube Music.

Android Police melaporkan pada Minggu (17/3), fitur tersebut mulai dikenali di YouTube Music setelah salah satu penggunanya mengunggah lewat forum Reddit adanya ikon mikrofon di area pencarian musik YouTube Music.

Lewat aplikasi YouTube Music yang berasal dari iOS, pengguna tersebut menyebutkan bahwa dirinya bisa melakukan pencarian lagu dari sumber suara.

Baca juga: Samples YouTube Music beri kemudahan temukan lagu baru

Baca juga: Youtube Music kini dukung pemutaran "podcast" di Wear OS


Meski demikian, ternyata fitur itu hanya dapat dirasakan oleh sebagian orang dan belum dirilis secara luas.

Sebenarnya fitur untuk mencari lagu dengan gumaman bukanlah hal yang baru karena fitur serupa hadir di Oktober 2020 di Google Search.

Pencarian lagu dari gumaman juga telah tersedia di YouTube namun memang terbatas untuk beberapa perangkat Android.

Apabila pengguna terpilih ingin menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa memencet ikon pencarian di bagian kanan aplikasi YouTube dan setelahnya pengguna bisa memencet ikon mikrofon.

Langkah tersebut merupakan dasar untuk mencari lagu dengan gumaman atau senandung yang dihasilkan oleh pengguna.

Dengan hadirnya fitur serupa yang nampaknya sedang diujicobakan untuk pengguna YouTube Music versi iOS, hal ini layak untuk dinantikan melihat lebih banyak gebrakan baru dari YouTube.

Baca juga: YouTube Music luncurkan fitur lirik "real-time" di Android

Baca juga: YouTube Music versi web dapatkan pembaruan "filter mood"

Baca juga: YouTube Music sukses raup Rp89,5 triliun dalam setahun


 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024