Jakarta (ANTARA) - Platform audio streaming Spotify membagikan tren peningkatan konsumsi audio pada waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan aktivitas sebelum dan setelah berbuka puasa, serta hadirnya ragam konten spesial Ramadhan yang ada di aplikasi tersebut.

“Memasuki bulan Ramadhan, rutinitas kita mengalami perubahan yang cukup signifikan (dan) mempengaruhi segala aspek, mulai dari jam kerja hingga konsumsi sosial media dan kebiasaan streaming pada platform seperti Spotify,” kata Marketing Lead Spotify Indonesia Cassandra Aprilanda, dikutip dari keterangan persnya, Jumat.

Menurut data internal Spotify, streaming selama Ramadhan cenderung terjadi mulai pukul 14:00-16:00 WIB menjelang Ngabuburit atau aktivitas menunggu waktu berbuka puasa.

Menariknya, Spotify mendapati bahwa terjadi peningkatan streaming yang signifikan pada pukul 05:00 WIB setelah sahur. Di waktu tersebut, pendengar lebih banyak mendengarkan konten podcast yang reflektif dan menenangkan hati.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pemutaran video musik, tersedia di Indonesia

Baca juga: Spotify rayakan satu dekade K-Pop ON! dengan luncurkan Spotify Singles


Setelah tarawih, para pendengar di Indonesia membuka malamnya dengan mendengarkan musik. Spotify juga mendapati bahwa pendengar Millenials dan Gen Z mendominasi sebagian besar streaming yang terjadi selama bulan Ramadhan.

Selain itu, ada lebih dari 40 juta playlist (daftar putar) buatan pengguna dengan tema yang menyejukkan hati.

“Peningkatan minat pada streaming konten Ramadhan di Spotify menunjukkan pentingnya menyediakan konten yang beragam dan bermakna untuk menginspirasi pendengar sepanjang bulan suci ini,” kata Cassandra.

Beberapa penyanyi Indonesia, yakni Nadhif Basalamah dan Kunto Aji membagikan kebiasaannya mengonsumsi konten audio selama bulan Ramadhan.

“Selama Ramadhan, aku mendengarkan lagu atau memainkan playlist yang berisi surat-surat pendek sembari menunggu waktu berbuka puasa di Spotify,” kata Nadhif.

Kunto Aji menambahkan, “Playlist Ramadhan di Spotify mengiringi langkah-langkah kita dalam merayakan kebahagiaan Lebaran, membawa nuansa kehangatan dan kedamaian di setiap detiknya,” katanya.

Untuk itu, Spotify menyajikan sejumlah konten spesial Ramadhan agar dapat menghibur pendengarnya di Indonesia. Pendengar dapat mendengarkan cerita pribadi dari Nadhif Basalamah, Kunto Aji, serta artis dan kreator lainnya melalui playlist Spotify “On Aux”.

Playlist ini memungkinkan artis, kreator, dan kurator untuk membuat mixtape yang terpersonalisasi, sehingga menjadikan playlist mereka lebih otentik.

Selain itu, Spotify juga menyajikan playlist “Refleksi Diri” untuk keempat kalinya dan telah diperbarui dengan gabungan konten musik, serta podcast lokal terbaik.

Playlist ini dapat ditemukan dalam Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadhan lainnya yang sudah diperbarui dan dikurasi secara spesial, seperti “Penenang Hati”, “Ketupat Lebaran”, dan sebagainya.

Ramadan Hub juga menyediakan beragam konten religi yang menyentuh jiwa hingga konten hiburan ringan. Pendengar dapat menjelajahi playlist podcast yang berisi episode spesial Ramadhan, seperti “Nunggu Buka”, “Berkah Ramadhan”, “The Stories by Prambors Radio”, dan lainnya.

Tidak ketinggalan dengan podcast dari BKR Brothers yang tahun ini menghadirkan segmen BKR Ngaku untuk membagikan kisah pengakuan selama Ramadhan dari para pendengar.

Selain itu, untuk pertama kalinya podcast Rintik Sedu dari kreator Tsana akan membuat episode spesial bertema Ramadhan. Rintik Sedu akan menghadirkan episode khusus yang relevan dengan momen refleksi di bulan Ramadhan seperti saat ini.

Pendengar juga akan mendapatkan playlist spesial Ramadhan yang dipersonalisasi bernama “Your Ramadhan 2024” yang telah dikurasi oleh tim Editorial dan algoritma Spotify berdasarkan preferensi unik masing-masing pendengar. Ini adalah playlist Ramadhan dengan jumlah stream tertinggi di Spotify Indonesia pada tahun 2023 lalu.

Untuk mengakses Ramadan Hub dan menikmati beragam konten spesial Ramadhan yang tersedia untuk menemani kegiatan sehari-hari, pendengar bisa langsung menuju beranda di aplikasi Spotify atau mengetik kata “Ramadan” di search bar Spotify.

Baca juga: Spotify tuduh Apple lakukan pemerasan dengan biaya baru App Store

Baca juga: Single "Ditto" dari NewJeans tembus 500 juta streaming di Spotify

Baca juga: Ini lagu K-pop terbanyak didengar versi Spotify Wrapped 2023

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024