Jakarta (ANTARA) - Spotify sedang mengembangkan alat-alat yang akan memungkinkan pengguna untuk meremix lagu di layanan streaming, menurut tangkapan layar yang dibuat oleh veteran teknologi dan peneliti aplikasi Chris Messina.

Sementara para pecinta musik menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Audition atau Ableton Live untuk membuat campuran lagu favorit mereka, kemampuan baru ini akan memungkinkan orang untuk melakukannya langsung di Spotify.

Dikutip dari Techcrunch, Minggu, berdasarkan tangkapan layar menunjukkan bahwa alat-alat remix akan tersedia di bawah langganan premium baru "Music Pro". Berita ini pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal, yang sumbernya mengatakan bahwa pembahasan tentang alat-alat tersebut masih awal dan bahwa kesepakatan lisensi belum diselesaikan.

Juru bicara Spotify memberi tahu TechCrunch bahwa perusahaan secara terus-menerus mengeksplorasi ide untuk meningkatkan penawarannya dan memberikan nilai kepada pengguna, tetapi bahwa mereka tidak akan berkomentar tentang spekulasi seputar fitur baru.

Baca juga: Spotify hadirkan konten eksklusif TWS di K-Pop ON! Hub

Dalam tangkapan layar yang dibagikan dengan TechCrunch, kode aplikasi merujuk pada berbagai alat remix yang akan memungkinkan pengguna untuk menunjukkan keterampilan DJ mereka dengan gaya transisi yang berbeda untuk membuat campuran terbaik.

Alat-alat tersebut juga akan memungkinkan pengguna untuk mengatur rentang tempo untuk campuran dan mengatur vibe untuk campuran dengan menyaring berdasarkan genre, suasana hati, aktivitas, dan lainnya.

Kode tersebut menunjukkan bahwa pengguna akan dapat membuat remix lagu untuk cocok dengan situasi tertentu. Secara teori, Anda bisa membuat versi cepat dan seru dari lagu yang lebih lambat untuk membuat remix yang bisa didengarkan saat berolahraga.

Kode tersebut menunjukkan bahwa pengguna dapat memanfaatkan alat remix yang cepat memasukkan lagu berikutnya untuk menjaga energi tetap terjaga.

Alat lainnya memaksimalkan tumpang tindih untuk campuran lagu yang kompleks dan imersif, sementara yang lain secara instan beralih dari satu lagu ke lagu lainnya untuk dampak yang besar.

Selain itu, pengguna dapat memasukkan dan mengedit transisi antara lagu. Pengguna juga dapat mengurangi atau menambah BPM (ketukan per menit) dan "danceability."

Sepertinya alat-alat remix tidak hanya ditujukan untuk pengguna yang sudah memiliki pengalaman dalam meremix lagu.

Kode merujuk pada alat yang secara otomatis menyusun ulang campuran Anda dengan menyusun lagu-lagu dengan kunci, tempo, dan gaya yang serupa bersama, sementara yang lain memungkinkan pengguna memilih cara menyusun campuran , atau memilih urutan otomatis untuk memiliki Spotify menyusunnya untuk pengguna.

Baris kode ini menunjukkan bahwa Spotify akan membantu pengguna membuat campuran mereka yang sempurna, bahkan jika ini pertama kalinya mereka melakukannya, dengan bantuan alat otomatis.

Sementara remix yang dibuat pengguna yang diunggah ke platform streaming atau media sosial tidak menghasilkan pendapatan bagi para artis, kemampuan remix Spotify kemungkinan akan memungkinkan musisi untuk mendapatkan uang dari remix yang terkait dengan lagu asli mereka.

Karena remix yang dibuat penggemar sering diubah hingga tidak terdeteksi sebagai pelanggaran hak cipta, Spotify dipenuhi dengan remix tidak resmi dengan jutaan streaming. Meskipun alat remix Spotify tidak dapat sepenuhnya mengatasi masalah ini, mereka dapat membantu mengatasinya sampai batas tertentu.

Tidak mengherankan bahwa Spotify sedang mengembangkan alat remix, terutama karena lagu-lagu yang dipercepat dan mashup sedang populer berkat TikTok. Menurut laporan tahunan TikTok 2023, lagu-lagu paling populer di aplikasi tersebut adalah remix yang dipercepat dari lagu-lagu.

Trend lagu-lagu yang dipercepat telah menjadi sangat populer sehingga para artis berusaha untuk mendapat keuntungan dari itu. Misalnya, setelah remix yang dipercepat dari lagu SZA "Kill Bill" yang dibuat penggemar digunakan di TikTok, dia merilis versi resmi yang dipercepat dari lagu tersebut. Artis lain seperti Lana Del Ray dan The Cab juga telah merilis versi resmi yang dipercepat dari lagu-lagu mereka untuk mendapatkan orang-orang mendengarkan lagu-lagu resmi mereka, bukan versi yang dibuat penggemar.

Seperti halnya fitur lain yang sedang dikembangkan, tidak diketahui apa dan kapan Spotify akan meluncurkannya.

Baca juga: Susul Apple Music, audio "lossless" dikabarkan akan hadir di Spotify

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pembuatan daftar putar lagu dengan teknologi AI

Baca juga: Spotify umumkan 12 musisi masuk program RADAR Indonesia 2024

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024