Jakarta (ANTARA) - Layanan pemutaran musik Spotify menghadirkan fitur AI Playlist yang memungkinkan pengguna untuk membuat daftar putar lagu (playlist) hanya dengan menggunakan perintah tertulis kepada kecerdasan buatan (AI).

Menurut laporan Tech Crunch, Senin, fitur ini dapat memperluas variasi dari lagu-lagu yang ada di dalam daftar putar. Pengguna dapat memasukkan berbagai kata kunci mulai dari tempat, hewan, aktivitas, karakter film, warna, hingga emoji. Daftar putar yang dibuat menggunakan AI nantinya akan berisi lagu dari berbagai genre, artis, hingga dekade.

Fitur ini dapat diakses di tab "Your Library" dalam aplikasi Spotify. Kemudian ketuk ikon plus (+) yang berada di sisi kanan atas layar. Sebuah menu pop-up akan muncul dimana opsi AI Playlist akan hadir bersama dengan opsi Playlist dan Blend.

Spotify memberikan saran perintah kepada pengguna yang baru pertama kali mencoba fitur ini misalnya "musik instrumental elektronika agar lebih fokus kerja" atau "isi keheningan dengan musik seperti di kafe" dan masih banyak lagi.

Baca juga: Spotify dikabarkan menaikkan harga tahun ini dan kenalkan rencana baru

Baca juga: Spotify umumkan 12 musisi masuk program RADAR Indonesia 2024


Untuk menyimpan daftar putar yang telah dibuat, ketuk tombol "Create" untuk menambahkannya ke koleksi daftar putar.

Pengguna juga bisa mengatur daftar lagu dalam daftar putar dengan meminta AI untuk merevisi atau memperbaiki hasil akhir dengan menuliskan perintah misalnya "lebih pop" atau "tidak terlalu upbeat". Pengguna dapat mengusap ke kiri lagu manapun yang ingin dihapus dari daftar putar.

AI tidak akan merespon kata kunci yang bersifat sensitif seperti yang kata-kata yang menyinggung atau perintah yang berkaitan dengan kejadian atau merek tertentu.

Spotify mengatakan pihaknya menggunakan model bahasa besar (large language models) untuk memahami keinginan penggunanya. Kemudian, Spotify memadukannya dengan teknologi personalisasi, berisi informasi mengenai preferensi dan lagu-lagu yang pernah diputar pengguna, untuk memungkinkan AI membuat daftar putar yang cocok untuk pengguna.

Perusahaan tersebut dikabarkan menggunakan berbagai perangkat pihak ketiga untuk pengembangan AI dan pelatihan teknologi tersebut.

Fitur AI Playlist baru tersedia pada versi beta dan akan diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS di Inggris dan Australia terlebih dahulu.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur Miniplayer untuk aplikasi di desktop

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pemutaran video musik, tersedia di Indonesia

Baca juga: Spotify rayakan satu dekade K-Pop ON! dengan luncurkan Spotify Singles

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024