Teheran (ANTARA News) - Sejumlah pria bersenjata telah membunuh 10 polisi Iran dalam serangan di Iran barat, Jumat malam, kantor berita ISNA melaporkan, Sabtu.

ISNA mengatakan 10 "bandit bersenjata" juga tewas dalam bentrokan di provinsi Kermanshah, yang berbatasan dengan Irak dan menampung banyak anggota suku minoritas Kurdi di Republik Islam itu. ISNA tidak memberikan perincian mengenai identitas para penyerang.

Pasukan Iran sering bentrok dengan pemberontak Partai Kehidupan Merdeka Kurdistan (PJAK), cabang Partai Pekerja Kurdistan (PKK). PKK mengangkat senjata pada 1984 untuk berperang guna memdapatkan tanah air merdeka di Turki tenggara.

Di Turki, yang sebenarnya PKK sudah dilarang, tapi mereka masih sering melancarkan serangan dan bentrok dengan pasukan keamanan. Belakangan ini konflik malah makin sering, yang mendorong pasukan Turki untuk melancarkan serangan udara ke wilayah Kurdi di Irak utara, yang diduga menjadi tempat persembunyian pemberontak Kurdi setelah melancarkan serangan di Turki.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009