Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 30/3) yang jadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca dengan diawali kebijakan perpanjangan masa bekerja di rumah (work from home/WFH) bagi aparatur sipil negara hingga pembukaan Masa Sidang III DPR RI.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Pemerintah perpanjang masa ASN bekerja dari rumah

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan kebijakan aparatur sipil negara (ASN) bekerja di rumah (work from home/WFH) hingga 21 April 2020.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan respons perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana COVID-19 telah dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selengkapnya di sini

Komisi II DPR RI sepakati penundaan Pilkada Serentak 2020

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sepakat menunda tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Kesepakatan itu dibuat setelah Komisi II DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), Senin.

Selengkapnya di sini


8.763 orang terdaftar sebagai relawan penanganan COVID-19

Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Andre Rahadian menyebutkan sebanyak 8.763 orang telah terdaftar sebagai sukarelawan, terdiri atas 1.901 sukarelawan dengan kualifikasi medis dan 6.862 sukarelawan dengan kualifikasi nonmedis.

"Data terakhir relawan yang terdaftar di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 hingga 29 Maret 2020 pukul 17.00 WIB ada 8.763 relawan," kata Andre dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring dari Graha BNPB, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Presiden Jokowi minta kepala daerah lebih tegas cegah warga mudik

Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah melakukan langkah-langkah lebih tegas untuk mencegah pemudik dari Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masuk ke daerahnya di tengah merebaknya pandemi COVID-19.

"Demi keselamatan bersama, saya minta dilakukan langkah-langkah lebih tegas untuk mencegah terjadinya pergerakan orang ke daerah," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan RI, Bogor, Senin.

Selengkapnya di sini


Puan Maharani umumkan pembukaan Masa Sidang III tahun 2019—2020

Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019—2020 dalam Rapat Paripurna DPR RI, Senin (30/3).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya atas nama pimpinan DPR mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa Masa Persidangan III DPR RI Tahun Sidang 2019—2020 akan dimulai sejak hari ini, Senin 30 Maret 2020 sampai dengan berakhirnya masa sidang periode ini," kata Puan dalam pidatonya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020