WHO siapkan aplikasi seputar COVID-19 untuk Android dan iOS

WHO siapkan aplikasi seputar COVID-19 untuk Android dan iOS

Laman WHO terkait COVID-19 pada sebuah ponsel (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempersiapkan aplikasi Android, iOS dan situs khusus untuk memberikan informasi berita, tips, peringatan seputar virus corona baru  (COVID-19).

Aplikasi “WHO MyHealth” pada awalnya diusulkan oleh tim ahli dengan nama “WHO Covid App Collective.” Tim itu terdiri dari mantan karyawan Google dan Microsoft serta penasihat dan duta WHO, bersama para pakar industri lainnya.

Menurut roadmap pengembangan, dikutip dari laman 9to5google, aplikasi WHO MyHealth rencananya akan dirilis untuk Android dan iOS pada akhir Maret. Dari pantuan Antara, Selasa, aplikasi tersebut belum tersedia di Play Store dan App Store.

Baca juga: Cara gunakan aplikasi Peduli Lindungi pelacak COVID-19

Baca juga: Apple gandeng Gedung Putih buat aplikasi dan situs web "COVID-19"


Namun, versi beta dari aplikasi dilaporkan berisi saran seputar COVID-19, sama seperti yang ditemukan pada chatbot WhatsApp.

Lebih jauh, berdasarkan dokumen desain asli aplikasi, WHO MyHealth rencananya akan menghadirkan notifikasi peringatan khusus terhadap lokasi pengguna, serta menawarkan fungsi sebagai alat “triase mandiri” yang membantu pengguna mendiagnosa apakah gejala yang dialami sama dengan COVID-19.

Pada skala yang lebih besar, lewat aplikasi tersebut, pengembang berencana untuk dapat menelusuri sejarah lokasi perangkat Android atau iPhone pengguna untuk melakukan “pelacakan kontak” untuk memahami penyebaran virus. Namun, mengingat isu privasi, fitur tersebut masih ditinjau ulang.

Aplikasi dapat memanfaatkan teknologi yang ada, seperti Google Maps, yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan apakah mereka telah didiagnosis atau telah melakukan kontak dengan pasien COVID-19, tentunya atas izin pengguna untuk melacak sejarah data lokasi di perangkat mereka.

Baca juga: Usir stres dan cemas, WHO sarankan main game di tengah pandemik corona

Baca juga: Industri game bersatu untuk promosikan pesan dari Organisasi Kesehatan Dunia melawan COVID-19; luncurkan kampanye #PlayApartTogether

Baca juga: Operator seluler dukung aplikasi PeduliLindungi buatan Kominfo


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penuhi pedoman WHO, PSBB Malang Raya tak diperpanjang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar