Liga Jerman

Bagi Kimmich, pesepak bola bertanggung jawab bantu lawan COVID-19

Bagi Kimmich, pesepak bola bertanggung jawab bantu lawan COVID-19

Pemain Bayern Munich Thomas Muller (kiri) dan Joshua Kimmich menyapa para suporter usai mengalahkan Schalke 04 pada pertandingan babak perempatfinal Piala Jerman di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman, Selasa (3/3/2020). Gol tunggal Joshua Kimmich ke gawang Schalke 04 membawa klub Bavaria tersebut melaju ke babak semifinal. ANTARA FOTO/REUTERS/Wolfgang Rattay/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Bek kanan Bayern Munich Joshua Kimmich berpendapat bahwa para pesepak bola, terutama pesepak bola papan atas, memiliki tanggung jawab untuk ikut membantu melawan pandemi COVID-19.

"Sebagai pesepak bola, Anda memiliki tanggung jawab tertentu. Kami memiliki jangkauan untuk bergerak maju terkait solidaritas," ucap Kimmich seperti dikutip dari laman resmi klub.

"Leon (Goretzka) dan saya, dan kini segenap tim Bayern Munich memikirkan bagaimana kami dapat membantu, baik para pekerja tim dan masyarakat di luar klub," tambahnya.

"Oleh sebab itu kami memulai inisiatif dan berharap dapat membantu sebanyak mungkin orang yang memerlukan bantuan selama masa ini," ujar pemain 25 tahun itu.

Baca juga: Penangguhan Bundesliga resmi diperpanjang hingga 30 April
Baca juga: Dortmund potong gaji pemain karena krisis corona


Pada awal bulan ini, Kimmich dan Goretzka menginisiasi gerakan yang dinamakan "We Kick Corona," yaitu pengumpulan dana bagi yayasan-yayasan dan institusi sosial selama krisis pandemi COVID-19.

Gerakan itu sudah mengumpulkan dana dari 2.000 donatur, termasuk Robert Lewandoski yang menyumbangkan satu juta euro, dan kini total jumlah sumbangan telah mencapai 3,5 juta euro.

Sampai saat ini terdapat total 66.885 kasus COVID-19 di Jerman, dengan jumlah korban jiwa sebanyak 645 orang.

Jerman merupakan negara dengan kasus COVID-19 terbanyak peringkat ketiga di Eropa, di bawah Italia dengan 101.739 kasus, dan Spanyol dengan 87.956 kasus.

Baca juga: Kasus corona di Jerman terus bertambah jadi 57.298
Baca juga: Jerman tak akan longgarkan langkah pencegahan corona hingga 20 April

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Jabar siapkan anggota di pusat perbelanjaan & rumah ibadah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar