Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich tersingkir pada putaran kedua Piala Jerman untuk ketiga kalinya dalam empat tahun, setelah kalah 1-2 di markas klub divisi ketiga Saarbruecken, Stadion Ludwigspark, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Klub Bavaria Bayern membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-16 berkat gol pemain veteran Thomas Mueller. Tuan rumah Saarbruecken lantas menyamakan kedudukan berkat gol Patrick Sontheimer pada menit ke-45, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Saat skor 1-1 bertahan menjelang pertandingan usai, laga ini diperkirakan akan diteruskan dengan perpanjangan waktu. Namun pada menit ke-96 atau menit terakhir pertandingan, bek Saarbruecken Marcel Gaus membukukan gol untuk memastikan kemenangan timnya atas Bayern.

Bayern yang akan melawat ke markas Borussia Dortmund pada Sabtu (4/11) juga kehilangan bek Matthijs de Ligt akibat cedera lutut pada awal pertandingan. Hal tersebut membuat Bayern hanya memiliki satu bek tengah yang bugar.

Dortmund dan Leverkusen melaju ke 16 besar

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, gol semata wayang Marco Reus membawa Borussia Dortmund menang 1-0 atas tamunya Hoffenheim.

Dua pemain muda Dortmund Jamie Bynoe-Gittens dan Youssofa Moukoko diberi kesempatan mengisi tim inti oleh pelatih Edin Terzic, namun justru pemain senior Reus yang menjadi pencetak gol.

Bynoe-Gittens menggiring bola di sayap kiri dan berpura-pura melepaskan tembakan, sebelum ia kemudian memilih mengoperkan kepada Reus untuk dikonversi menjadi gol pada menit ke-43.

Gol tersebut merupakan gol ke-165 Reus untuk Dortmund, dan keunggulan mereka bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Pemuncak klasemen Liga Jerman Leverkusen mengemas tiga gol dalam lima menit terakhir, untuk mengunci kemenangan 5-2 di markas tim strata ketiga Sandhausen.

Exequiel Palacios membawa Leverkusen memimpin melalui penalti pada menit ke-21, yang didapat akibat pelanggaran terhadap Amine Adli di kotak terlarang.

Sandhausen dua kali menyamakan kedudukan dalam tempo enam menit. Cristoph Ehlich mencetak gol penyama kedudukan pertama untuk tuan rumah pada menit ke-50, sebelum Jonathan Tah membawa Leverkusen kembali memimpin lewat golnya pada menit ke-54, dan Yassin Ben Balla membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 berkat golnya pada menit ke-56.

Leverkusen lantas memastikan tiket ke fase berikutnya setelah Adam Hlozek mengemas gol keempat pada menit ke-85, sebelum Adli membukukan gol terakhir di laga itu pada menit ke-92.

Di tempat lain, finalis 2022 Freiburg takluk 1-3 oleh tuan rumah Paderborn. Paderborn memastikan kemenangan berkat dwigol Filip Bilbija dan satu gol Florent Muslija.

Bayern dan Freiburg bergabung dengan juara bertahan RB Leipzig, Union Berlin, dan Schalke 04 dalam daftar tim-tim besar yang tersingkir di putaran kedua.

Gol-gol dari Ellyes Skhiri dan Ansgar Knauff memastikan Eintracht Frankfurt menang di kandang tim divisi ketiga Viktoria Cologne, sedangkan Hertha Berlin menaklukkan Mainz dengan skor 3-0, dan Magdeburg mendepak Holsten Kiel berkat kemenangan adu penalti 4-3, setelah kedua tim bermain imbang 3-3 dalam waktu normal.

Baca juga: Bayern Muenchen berpesta delapan gol ke gawang Darmstadt
Baca juga: Bayern tidak akan hukum Mazraoui terkait unggahan pro Palestina


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023