London, (ANTARA News) - Pemain Manchester United Ryan Giggs nyata "masih ada dan belum kadaluarsa" karena untuk pertama kallinya terpilih sebagai pemain terbaik tahun ini yang dipersembahkan oleh Persatuan Sepak Bola Profesional (PFA), Minggu waktu setempat.

Meski hanya 12 kali tampil dalam tim utama di kompetisi Liga Utama Inggris dan hanya sekali mencetak gol, pemain asal Wales itu akhir mendapat penghargaan setelah 18 tahun berkiprah sebagai pemain profesional bersama Manchester United, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam karirnya bersama klub itu ia tercatat tampil 800 kali.

Ia mengalahkan rekan satu klubnya, Cristiano Ronaldo, Nemanja Vidic, Edwin van der Sar dan Rio Ferdinand, serta pemain Liverpool Steven Gerrard.

Giggs merupakan pemain asal Wales pertama yang mendapat penghargaan ini sejak Mark Hughes pada 1991.

"Saya beruntung memenangi banyak piala. Saya pernah mendapat penghargaan untuk pemain muda dua kali, tapi kali ini adalah penghargaan besar," katanya.

Satu-satunya gol yang dibuat Giggs di kompetisi liga ada ketika melawan West Ham United Februari lalu.

Meski usianya sudah 35 tahun, manajer United Alex Ferguson tetap mempercayai Giggs dan memperpanjang kontraknya hingga satu musim.

"Sang manajer telah berperan penting dalam karir saya, sejak pertama kali saya bertemu dengannya ketika saya berusia 13 tahun," katanya.

Sementara itu pemain Aston Villa Ashley Young juga mendapat penghargaan PFA untuk kategori pemain muda.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009