Jakarta (ANTARA News) - Pertemuan tim kecil Partai Golkar dan PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa sore, menyepakati kemungkinan membangun suatu koalisi besar untuk memperkokoh pemerintah Republik Indonesia periode 2009-2014.

"Rumusan pertama bunyinya demikian, sedangkan rumusan kedua, kami sepakat menggelar pertemuan para ketua partai yang tujuannya untuk terciptanya suatu pemerintahan yang stabil," ungkap Simon Patrice Morin, salah seorang anggota tim kecil Partai Golkar usai pertemuan itu di sebuah hotel di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Secara terpisah, Sekjen PDI-P Pramono Anung menjelaskan, partai-partai yang bakal bergabung dalam koalisi besar tersebut antara lain Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional, selain Partai Golkar dan PDI Perjuangan itu sendiri.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera berlangsung pertemuan besar yang dihadiri oleh para ketua partai besar tersebut," kata Pramono kepada pers.

Selain Pramono Anung, anggota tim kecil dari PDI-P antara lain Tjahjo Kumolo, sedangkan dari pihak Partai Golkar mengutus Simon Patrice Morin, Syamsul Muarif, dan Burhanuddin Napitupulu.

"Koalisi besar ini untuk memastikan suatu persekutuan yang efektif baik di kabinet maupun parlemen," kata Simon.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009