London (ANTARA News//Reuters) - Bobby Charlton akan menerima Penghargaan Presiden UEFA atas sumbangannya pada sepak bola Eropa sebelum Manchester United bertanding melawan Arsenal di pertandingan pertama semifinal Liga Champions, Rabu.

Presiden UEFA, Michel Platini, akan menyerahkan penghargaan itu kepada Charlton pada suatu upacara tengah hari di Old Trafford.

Charlton bermain untuk Manchester United dari tahun 1953 hingga 1973, menjadi Pemain Terbaik Eropa 1966, dan menjadi anggota tim Manchester United yang menjuarai Piala Eropa tahun 1968. Ia juga bermain 106 kali untuk tim nasional Inggris dan ikut memperkuat tim nasional Inggris saat tim itu menjuarai Piala Dunia 1966, dan masih memegang rekor pencetak gol internasional terbanyak negaranya, yakni 49 gol.

Platini mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Sir Bobby mewakili segala sesuatunya yang baik tentang pertandingan sepak bola; fair play, penghormatan, dan kesetiaan sejati, dan ia merupakan contoh yang baik bagi generasi mendatang, baik di luar maupun di lapangan."

Setelah menjadi presiden UEFA tahun 2007, Platini memutuskan bahwa ia ingin mengakui para mantan pemain dengan memberikan penghargaan dan penghargaan pertamanya diberikan tahun lalu kepada Alfredo Di Stefano, mantan pemain Real Madrid, yang mencetak gol pertama di lima final Piala Eropa untuk Real Madrid, yang semuanya mereka menangi.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009