Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi R n B (rhythm and blues) Dewi Sandra sedang ingin menyanyikan lagu-lagu melankolis dalam album barunya yang bertitel "Wanita".

"Aku ingin mencoba hal-hal yang baru di musik. Aku ingin berhenti dari lagu-lagu yang progresif seperti pop rock dan R n B. Mencoba lagu yang apa adanya," kata Dewi Sandra dalam jumpa pers rilis single "Kapan Lagi Bilang I Love You" dari album "Wanita" di Jakarta, Rabu.

Dewi mengatakan dirinya mengalami banyak hal selama dua tahun berproses untuk album kelimanya ini, termasuk ingin mencoba lebih bernuansa akustik yang belum pernah ia coba.

Tetapi Dewi mengatakan tetap pada genre musik pop dan lagu-lagunya pun masih ada unsur R n B di album barunya yang direncanakan dirilis pertengahan Mei mendatang.

Dewi yakin dirinya tidak akan ditinggal penggemar meski mengeluarkan album berisi lagu-lagu melankolis.

"Kalau khawatir ditinggal penggemar, aku tidak akan mengeluarkan album. Aku yakin lagu ini lebih gampang diterima orang-orang. Orang Indonesia kan senang lagu-lagu melankolis, drama, dan termehek-mehek," katanya.

Ketika ditanya mengapa albumnya diberi titel "Wanita", istri Glen Fredly itu mengatakan bahwa album tersebut didedikasikan untuk wanita Indonesia

"Album itu yang sangat pribadi. Aku wanita yang dicitrakan kuat, berani melawan arus, tapi selama dua tahun berproses mengerti bahwa ternyata wanita itu punya sisi lembut dan melankolis.Ini satu hal yang dekat dengan hatiku," katanya.

Dewi bercerita ketika lagu-lagu pada albumnya diperdengarkan ke beberapa teman wanitanya, ternyata mereka mengakui mengalami hal-hal seperti pada lagu-lagu tersebut.

"Sehingga album itu diberi tema Wanita," kata penyanyi kelahiran 3 April 1980.

Ketika ditanya apakah lagu unggulan album Wanita yaitu "Kapan Lagi Bilang I Love You" merupakan kisah hidupnya. Dewi menjawab diplomatis bahwa kisah pada lagu itu merupakan pengalaman semua wanita Indonesia.

"Saya berani bertaruh bahwa setiap wanita mengalami dimana pasangannya tidak mengucapkan I Love You karena bosen atau lupa atau sibuk," kata wanita berdarah Betawi dan Inggris itu.

Dalam album yang berisi delapan lagu dan dua bonus track ini, Dewi berkolaborasi dengan banyak musisi lain seperti Afgan pada lagu "Satu untuk Selamanya", Andi Rianto dan Rizky Alexa pada lagu "Mati Rasa", dan dengan Alam Urbach pada single "Kapan Lagi Bilang I Love You".

Dewi juga berkolaborasi dengan Benny Likumahua dan Barry Likumahua dalam lagu Amazing pada lagu "Cinta Basi", serta berkolaborasi dengan Shanty dan Maia Estianty,
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009