Jakarta, (ANTARA News) - Pertemuan informal pimpinan asosiasi sepak bola Asia berlangsung di Jakarta, Kamis (30/4), dan salah satu kesepakatannya adalah memberikan dukungan pada Mohammed bin Hammam.

Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid seperti disiarkan situs resmi PSSI, mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan Kongres AFC pada 8 Mei di Kuala Lumpur, anggota-anggota Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) secara bulat akan memberikan suaranya kepada Mohammed bin Hammam yang sudah enam tahun memimpin AFC.

"Peserta pertemuan sepakat untuk memberikan dukungan penuh kepada Mohammed bin Hammam agar terpilih kembali," katanya.

Kandidat Presiden AFC lainnya disamping Hammam adalah ketua Asosiasi Sepak Bola Bahrain, Sheikh Khalifa bin Salman al-Khalifa.

Jakarta menjadi tuan rumah dari pertemuan segi tiga antara delegasi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) dan PSSI itu, karena inisiatif pertemuan memang datang dari PSSI.

Pertemuan dihadiri oleh sebanyak 25 anggota delegasi AFC dan anggota Exco PSSI. Delegasi AFC dipimpin langsung oleh Mohamed Hammam Al Abdulla, Presiden AFC asal Qatar.

Mohamed bin Hammam didampingi oleh Mohamed Al Mehsadi (Qatar), Ganesh Thapa (Nepal), Kazi Md Salahuddin (Bangladesh), Golan Rabbani Helal (Bangladesh), Ahmad Jabban (Suriah), Rahif Alameh (Libanon), Fadi Eyadeh Issa Zureiqat (Yordania), Hassan Shaeth (Suriah), Mohammed Ali Al Mohannadi (Qatar), Mohammed Awada (Libanon), Warm Issam Abdallah (Libanon), Salim El Aawar (Libanon), Magdi Abdelfaty Abdou Zahran (Mesir), Gaber Huusein Mohamed Abdoul (Mesir).

Delegasi AFF terdiri dari Worawi Makudi, salah satu Exco AFC, Exco FIFA dan Ketua Federasi Sepak Bola Thailand, John Koo, pimpinan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) yang juga Exco AFC, serta Sekjen FAS, Winston Lee, Pangiran Matusan Matasan dari Federasi Sepakbola Brunei Darussalam, Jose Martinez dan Owen Carsi Cru, dari Federasi Sepak Bola Filipina, Francisco Lay Kalbuadi dari Federasi Sepak Bola Timor Leste, kemudian Brian Schwartz dan Ben Buckley dari Federasi Sepakbola Australia.

Empat negara anggota AFF lainnya, yakni Malaysia, Vietnam, Myanmar dan Laos, berhalangan hadir karena kesibukan di negaranya masing-masing.

Dari PSSI, Nurdin Halid didampingi anggota Exco Muhammad Zein, Subardi, Ibnu Munzir, Ferry Paulus, Iwan Budianto, Joseph Refo, Sekjen Nugraha Besoes dan Ketua Badan Hubungan Luar Negeri Dali Tahir, yang juga anggota Exco AFC.

Nurdin Halid menyatakan bahwa pertemuan informal antara AFC, AFF dan PSSI ini menghasilkan beberapa kesimpulan yang sangat bermanfaat dalam perkembangan persepakbolaan di negara-negara ASEAN atau Asia pada umumnya.

Salah satunya, bahwa AFC akan berjuang agar tuan rumah Piala Dunia 2022 diberikan kepada Asia. Jika Asia resmi ditunjuk, maka bisa saja dijajaki kemungkinan penyelenggaraan putaran-final Piala Dunia 2022 itu dilakukan oleh Australia dan Indonesia secara bersama-sama.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009